DPC PDI Perjuangan Kota Medan Peringati Hari Lahir Pancasila, Hasyim Jadi Inspektur Upacara

Lensamedan - Pancasila adalah sebuah kata yang pertama kali disebut oleh Presiden Pertama RI Soekarno dalam Sidang Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) pada tanggal 1 Juni 1945 saat itu.

Melalui Keputusan Presiden Nomor 24 Tahun 2016 tentang Hari Lahir Pancasila. Maka setiap tanggal 1 Juni ditetapkan dan dijadikannya sebagai hari nasional atau Hari Lahir Pancasila yang terlaksana pada masa pemerintahan Presiden Joko Widodo. 

Untuk memperingati Hari Lahir Pancasila yang yang ke-78 tahun sejak tahun 1945 hingga 2023, DPC PDI Perjuangan Kota Medan pun mengadakan Upacara bendera di depan Kantor DPC PDI Perjuangan di Jalan Sekip Baru No. 26, Kelurahan Petisah Baru, Kota Medan, Kamis (1/6/2023) pagi sekitar pukul 09.00 WIB.

Turut hadir anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Medan yang tergabung dalam Fraksi PDI Perjuangan, para pengurus DPC PDI Perjuangan Kota Medan, calon legislatif (caleg) beserta anggota PDI Perjuangan lainnya. 

Pantauan awak media di lokasi, Hasyim selalu Ketua DPC PDI Perjuangan menjadi Inspektur atau pemimpin upacara. 

Seperti biasa, upacara dimulai dari pengibaran bendera merah putih dengan diiringi lagu Kebangsaan Indonesia Raya. 

Sebelum mengheningkan cipta, Hasyim mengatakan Hari Lahir Pancasila adalah momen untuk mengenang, menghormati, dan menghargai perjuangan para pendiri bangsa dalam merumuskan Pancasila. Oleh karena itu, Pancasila bukan sekadar untuk dibaca atau didengar, tetapi harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

"Hari ini kita menghormati Hari lahir Pancasila dan Presiden pertama Republik Indonesia Ir Soekarno atau Bapak Bangsa Indonesia sebagai pencetus lahirnya Pancasila 1 Juni. Untuk itu, kita sembari berdoa agar arwah Bung Karno diterima di sisi Tuhan. Dan kepada kita segenap bangsa Indonesia diberikan kesehatan dan kekuatan melanjutkan perjuangan cita-cita luhur dari Pancasila," ujar Hasyim yang juga menjabat sebagai Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Medan ini.

Dipenghujung kegiatan, upacara dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Garuda Pancasila, berdoa bersama dan seluruh rangkaian kegiatan upacara pun berjalan dengan lancar.

(Medan) 

Belum ada Komentar untuk "DPC PDI Perjuangan Kota Medan Peringati Hari Lahir Pancasila, Hasyim Jadi Inspektur Upacara"

Posting Komentar

Eid Adha 1445 H, Masjid Maulana Kampung Kedah Sembelih Dua Ekor Hewan Qurban

LensaMedan - Panitia qurban Masjid Maulana Kampung Kedah Lingkungan VII kelurahan Labuhan, kecamatan Talawi, kabupaten Batu Bara menyembelih...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel