Bantu PMI Medan Miliki Stok Darah, The Clinic Gelar Donor Darah

 

Lensamedan - Upaya menambah stok darah di Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Medan yang menipis usai Lebaran yag menipis dilakukan Killiney dan The Clinic Beautyloshopy dengan menggelar donor darah, Minggu (7/5/2023).

Kasie Pelayanan Teknik Lab dan Bank Darah Rumah Sakit UDD PMI Kota Medan, dr Ira FR Lubis, mengatakan, tujuan kegiatan donor darah ini adalah untuk mendapatkan donor sukarela dari masyarakat sehingga bisa di didistribusikan ke Rumah Sakit di Kota Medan dan sekitarnya.

Apalagi, katanya, saat Ramadan dan usai Lebaran pasokan darah minim.

"Target pendonor hari ini sekitar 50 hingga 70 kantong darah. Seberapapun yang kita dapat, sangat membantu stok darah di PMI," katanya di The Clinic Beautyloshopy Jalan Sekip Medan.

Ira menambahkan, untuk saat ini, permintaan darah yang didistribusikan ke rumah sakit dan ada permintaan di dalam gedung sekitar 100 hingga 150 kantong per hari.

Namun, sekarang pasokan di PMI tidak sampai 200 kantong padahal sebelum Lebaran itu masih 800 sampai 900 kantong darah.

Ia mengungkapkan, stok darah dikatakan aman itu di angka 1.000 an kantong. Dengan jumlah itu tidak perlu khawatir untuk mendistribusikannya ke rumah sakit  dan stok aman untuk per harinya sekitar  100-150 kantong.

Untuk itu perlu bantuan semua masyarakat untuk menggerakkan donor darah sukarela karena darah tidak ada pabriknya.

"Dan saat ini PMI sedang menggalakkan donor darah keluarga. Pasca lebaran memang belum banyak instansi atau komunitas  yang buat, dan sekarang Killiney sudah mengadakan dan kami berterima kasih," tuturnya.

Manager Marketing Killiney Indonesia, Windy Harahap, mengatakan, kegiatan donor darah ini merupakan pertama kali digelar.

Dan diharapkan bakti sosial ini diharapkan memberikan manfaat bagi masyarakat luas.

"Kebetulan posisi tempat memang di The Clinic yang cocok karena di bidang kesehatan karenanya kita dukung. Pendonor mendapatkan voucher makan yang bisa digunakan setelah berdonor," katanya.

Lanjut Windy, ini merupakan langkah awal yang baik untuk kegiatan positif. Ke depan, kegiatan seperti ini bisa dilakukan secara rutin, apalagi The Clinic juga sering melakukan banti sosial.

Pada  kesempatan itu, Owner The Clinic Beautylosophy Medan, dr Arya Tjipta Sp.BP-RE menambahkan, kegiatan donor darah tersebut diinisiasi oleh tim Killiney Indonesia.

Dan The Clinic menyediakan tempat untuk donor darah, ini yang merupakan pertama dan diharapkan kegiatan berjalan sukses.

"Kita selalu suport kegiatan bakti sosial. Biasanya, The Clinic Beautylosophy melakukannya bakti sosial berupa sunatan massal dan operasi bibir sumbing dan sekarang ini mendukung kegiatan donor darah," tutupya. (*)

(Medan)

Belum ada Komentar untuk "Bantu PMI Medan Miliki Stok Darah, The Clinic Gelar Donor Darah"

Posting Komentar

Pemprov Sumut Siap Laksanakan Peparnas XVII

Lensamedan – Provinsi Sumatera Utara (Sumut) untuk pertama kalinya menjadi tuan rumah pelaksanaan Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVI...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel