Jaga Pola Hidup, Kalau Tak Mau Mengidap 5 Penyakit Ini


Lensamedan - Saat ini ada 5 penyakit yang paling banyak diderita orang Indonesia.

Penyakit-penyakit ini  menurut Dokter spesialis penyakit dalam dari The Clinic Pediatric, Ratna Tri Riskiana, juga merupakan penyakit seumur hidup, di mana pasien harus tetap mengkonsumsi obat seumur hidup.

Penyakit-penyakit tersebut adalah hipertensi, diabetes, stroke, gagal ginjal dan kanker.

"Namun yang paling ditakuti adalah penyakit diabetes, makanya disebut sebagai mother of sick," kata  Ratna dalam Seminar & Workshop Pengenalan Ilmu Penyakit Dalam dan Pemeriksaan Kesehatan di The Clinic beautylosophy Jalan Sekip Medan, Rabu (8/3/2023).

Ia mengungkapkan, kelima penyakit ini banyak diderita orang Indonesia lantaran gaya hidup dan pola makan yang kurang baik.

"Karena itu sebaiknya mengikuti sistematika penyakit. Di awali dengan mencari tahu tentang penyakit terlebih dahulu, apakah gejalanya sama seperti dialami," terang dia.

Setelah itu, sambungnya, jika ada gejala langsung melakukan pemeriksaan lanjutan, edukasi terkait penyakit dan melakukan terapi.

Kata Ratna, dari hasil anamnesa atau tanya jawab dokter kepada pasien, 70% sudah menentukan kemungkinan jenis penyakit dalam yang diderita pasien. Namun untuk kepastiannya, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang dilakukan.

"Biasanya dengan menggunakan pemeriksaan penunjang kita (dokter) bisa menyingkirkan beberapa diagnosa penyakit lain, sehingga dengan diagnosa pasti, pengobatan penyakit bisa ditegakkan," tuturnya.

Ratna mengungkapkan sebenarnya melihat urutan penyakit, pasien hipertensi paling banyak penderitanya di Indonesia, sebanyak 34,1%.

Namun, sambungnya, diabetes dengan jumlah 8,5%, merupakan ibu dari segala penyakit makanya banyak yang berkunjung ke fasilitas kesehatan.

"Kalau di The Clinic Pediatric sendiri, dari 100 orang pasien, 70 orang pasien yang merupakan pasien dengan keluhan diabetes," ungkapnya.

Menurut Ratna, jika melihat rentang usia pasien diabetes, paling banyak di usia 40-an. Namun di tahun 2023 ini, banyak nampak pasien muda yang terkena diabetes.

"Sudah ada pasien dibawah 26 tahun yang kita tangani, tapi bukan pasien diabetes dari lahir. Dengan jenis kelamin terbesar perempuan," ungkapnya.

Ratna bilang, banyak perempuan yang terkena diabetes lantaran terpengaruh hormon. Karena hormon akan mengganggu pola hidup sehat.

"Karena hormon, kadang sering marah, malas ingin tidur saja. Kondisi ini yang mempengaruhi perempuan banyak menderita diabetes," jelasnya.

Karenanya, sambung Ratna, agar terhindar dari diabetes ini setiap orang harus mengatur pola dit yang ketat dan menghindari banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak karbohidrat.

"Seperti kentang, ubi, roti-rotian atau ubi-ubian. Kemudian nasi juga hanya sebatas seratus gram saja, kalau mau tambah banyakkan di lauk," tukasnya.

Dalam seminar ini, Clinic Apllication Specialist Abbot, Hendri memaparkan tentang produk pemeriksaan lanjutan yang tersedia di The Clinic Pediatric.

Cukup berbeda dengan alat pemeriksaan diabetes lainnya, produk Abbot ini bisa memeriksa kondisi tubuh pasien dengan lebih menyeluruh. Sehingga diagnosa yang ditetapkan okter bisa lebih baik. (*)

(Medan)


Belum ada Komentar untuk "Jaga Pola Hidup, Kalau Tak Mau Mengidap 5 Penyakit Ini"

Posting Komentar

Warga Antusias Sambut Gerakan Pangan Murah Pemko Medan

LensaMedan - Masyarakat Kota Medan menunjukkan antusiasme yang luar biasa saat mengantri dan membeli pangan murah dalam kegiatan Gerakan Pan...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel