Sofyan Tan: Mahasiswa Wajib dan Penting Pahami Empat Pilar Berbangsa dan Bernegara

Lensamedan - Anggota MPR RI, Sofyan Tan, kembali melakukan sosialisasi Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara. 

Kali ini, sosialisasi dilakukan di hadapan mahasiswa penerima KIP Kuliah Aspirasi, Senin (27/2/2023) di Aula Bung Karno, Yayasan Perguruan Sultan Iskandar Muda. 

Dalam sosialisasi itu, Sofyan Tan  menekankan betapa pentingnya pemahaman terhadap Empat Pilar Kebangsaan yakni Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika.

"Empat pilar kebangsaan ini sangat penting bagi negara dan bangsa kita, khususnya bagi generasi muda.Indonesia sebagai negara kepulauan dengan berbagai ragam suku dan budaya bisa kuat jika nasionalisme kita utuh," kata Sofyan Tan.

Negara sebut Sofyan Tan, memandang betapa pentingnya masyarakat di Tanah Air memahami kembali nilai-nilai yang ada dalam Empat Pilar. 

Karenanya melalui UU MD3 mengamanahkan lembaga MPR RI untuk melakukan sosialisasi empat hal penting ini kemudian dilaksanakan MPR RI dengan berbagai metode kepada seluruh rakyat Indonesia.

"Pemahaman dan implementasi Empat Pilar yang baik oleh generasi muda, akan menjadi benteng dari dampak negatif modernisasi dan perkembangan teknologi yang sangat maju, serta bisa menjadi filter dalam menghadapi tahun politik. Tidak mudah terpengaruh untuk saling berkonflik karena beda pilihan," tutur Sofyan Tan.

Untuk itu, sebut Politisi Partai PDI-Perjuangan ini, menjadi sangat penting generasi muda khususnya pelajar Indonesia era kekinian untuk semangat dan serius berupaya memahami dan mengimplementasikan Empat Pilar tersebut, salah satunya mengikuti  Sosialisasi Empat Pilar yang digencarkan MPR RI sesuai amanah UU No.17 Tahun 2014.

"Masyarakat maupun generasi muda Indonesia era milenial saat ini harus memahami dan mengimplementasikan Empat Pilar.Apalagi  bangsa kita memiliki keanekaragaman agama, budaya, adat istiadat dan suku-suku yang berbeda-beda, sangat penting untuk menopang kemakmuran dan kekuatan bangsa," kata Sofyan yang terpilih mewakili Daerah pemilihan Sumut 1 yang meliputi Kota Medan, Kabupaten Deliserdang, Serdangbedagai dan Kota Tebingtinggi ini.

Tokoh Pembauran Sumatera Utara ini menuturkan mengenai pentingnya melestarikan Pancasila agar Negara Kesatuan Republik Indonesi (NKRI) bisa tetap berdiri kokoh di tengah ber¬bagai ancaman yang ada. Menu¬rutnya, Pancasila menjadi filter dari segala persoalan bangsa.

Semua elemen bangsa Indonesia harus saling meng¬hormati, saling men¬toleransi antar sesama. Pancasila harus dijadikan pegangan dalam berbangsa dan bernegara.

“Saya ingin Pancasila tidak hanya dihafalkan namun juga dimengerti dan diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Khususnya generasi pene¬rus bangsa ini,” pungkasnya. (*)


(Medan) 

 

Belum ada Komentar untuk "Sofyan Tan: Mahasiswa Wajib dan Penting Pahami Empat Pilar Berbangsa dan Bernegara"

Posting Komentar

Hingga Maret 2024, Realisasi Pembiayaan Turun Drastis Dibanding Tahun Lalu

Lensamedan – Menteri Keuangan Sri Mulyani menyampaikan, hingga akhir Maret 2024  realisasi pembiayaan terealisasi Rp104,7 triliun. Realisasi...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel