Awal November Harga Pangan di Sumut Terpantau Stabil


Lensamedan - Harga sejumlah kebutuhan pangan di wilayah Sumatera Utara (Sumut)  di hari pertama bulan November terpantau bergerak stabil, tidak begitu banyak mengalami perubahan yang cukup besar.  Bahkan untuk komoditas cabai harganya sedikit mengalami penurunan. 

Berdasarkan data PIHPS dan sebagai perbandingan, harga cabai merah di akhir pekan kemarin di Kota Medan yang sempat ditransaksikan rata-rata dikisaran Rp28 ribu per Kg, di pekan ini turun dikisaran Rp27 ribu per Kg nya.

Harga cabai rawit di Kota Medan juga demikian. Jika di akhir pekan sebelumnya sempat ditransaksikan di harga Rp28.300 per Kg, sejak kemarin harga cabai rawit ditransaksikan turun di harga Rp26.200 per Kgnya hingga hari ini. 

“Namun sedikit berbeda jika melihat Sumut secara keseluruhan, dimana harga cabai merahnya sedikit mengalami kenaikan dari Rp29.950 menjadi Rp31.150 per Kg saat ini, sedangkan untuk cabai rawitnya mengalami penurunan dari Rp31.450 menjadi Rp30.550 per Kg saat ini,” ujar Ketua Tim Pemantau Harga Bahan Pokok Sumut, Gunawan Benjamin di Medan, Selasa (1/11/2022). 

Selebihnya yang mengalami penurunan tajam adalah bawang merah. Dimana akhir pekan lalu dijual dikisaran harga Rp32.900 per Kg di Kota Medan,  menjadi Rp29.800 per Kg nya saat ini. Dan untuk harga daging ayam di Sumut turun sekitar Rp50 per Kg menjadi Rp30.850 per Kg, dan di Medan turun Rp200 per Kg dikisaran harga Rp27.600 per Kg saat ini.

Sementara itu, untuk harga bawang putih di Kota Medan mengalami kenaikan dari posisi sebelumnya Rp20.400 per Kg menjadi Rp22.000 per Kg saat ini. Walaupun untuk wilayah Sumut sendiri rata rata bawang putih hanya naik Rp100 per Kg di kisaran Rp25.600 per Kg saat ini. 

“Dan selebihnya sejumlah harga kebutuhan pangan lainnya terpantau sangat stabil,” sebut Gunawan.

Untuk bulan November sendiri, pergerakan harga pangan nantinya berpeluang cukup stabil dengan kecenderungan sedikit mengalami kenaikan. Faktor cuaca akan sangat mempengaruhi perubahan harga, disisi lain juga akan dipengaruhi oleh pergolakan harga pangan dunia. 

“Namun sejauh ini saya masih optimis harga pangan di Sumut hingga tutup tahun akan terpantau stabil,” pungkasnya. (*)


(Medan) 


Belum ada Komentar untuk "Awal November Harga Pangan di Sumut Terpantau Stabil"

Posting Komentar

Pengunjung F1 Powerboat Diajak untuk Manfaatkan Layanan Mudah Aplikasi MyPertamina

 Lensamedan - PT Pertamina (Persero) sebagai official sponsor Kejuaraan Dunia Motor Perahu F1 (F1H2O) menghadirkan booth MyPertamina yang su...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel