Serahkan Bantuan Benih, Edy Rahmayadi Harapkan Palas Jadi Daerah Mandiri Pangan dan Sentra Penghasil Sapi


Lensamedan - Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi saat kunjungan strategis daerah di Kabupaten Padang Lawas (Palas), menyerahkan bantuan benih kepada para petani. Gubernur pun berharap Palas menjadi daerah mandiri pangan dan kembali jadi sentra penghasil ternak sapi.

Pada kunjungan itu, Edy Rahmayadi bersama rombongan kemudian melanjutkan kegiatan menanam cabai merah bersama Plt Bupati Palas Ahmad Zarnawi Pasaribu dan Forkopimda Palas, di lahan pertanian Dinas Pertanian Palas, di Sibuhuan, Palas. Juga menyerahkan bantuan benih cabai merah, bawang merah dan jagung kepada kelompok tani Palas. 

Edy Rahmayadi pun berpesan kepada Plt Bupati Palas, agar daerah ini dikembalikan menjadi  sentra penghasil ternak sapi. Karena, berdasarkan sejarah, nama dari Padanglawas (Padang yang luas) yang ditetapkan Belanda pada masa penjajahan dahulu difungsikan sebagai daerah peternakan untuk menghasilkan daging dan susu sapi. 

Dengan kembali menjadi daerah sentra penghasil sapi, kesejahteraan masyarakat Palas juga diharapkan terus meningkat. 

"Kalau sekarang kita lihat sudah kebun sawit hampir keseluruhan. Tapi saya minta untuk peternakan juga harus digalakkan di daerah ini, sebagaimana sejarah dari nama ini dahulu zaman Belanda," katanya. 

Selain peternakan, Edy Rahmayadi juga berharap Palas juga dapat mandiri dalam hal ketahanan pangan, di antaranya jagung, beras, cabai merah, cabai rawit dan lainya. Update data terbaru, hasil komoditi di Palas yakni cabai rawit -69%, cabai rawit -37%, bawang merah -99%, bawang putih defisit. Sedangkan komoditas peternakan defisit daging ayam -89%, dan susu defisit 100%. (*) 


(Palas)


Belum ada Komentar untuk "Serahkan Bantuan Benih, Edy Rahmayadi Harapkan Palas Jadi Daerah Mandiri Pangan dan Sentra Penghasil Sapi "

Posting Komentar

Memperkaya Pengalaman Menginap dengan Rangkaian Kegiatan Kesehatan

LensaMedan - Sebagai puncak dari program “Tjakap Djiwa – Wellness”, yaitu kampanye yang diadakan sejak Januari hingga April 2024, yang bertu...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel