Kapolresta Deli Serdang Dukung Seminar Wartawan Ramah Anak

Lensamedan - Kapolresta Deli Serdang Kombes Pol Irsan Sinuhaji SIK MH menerima audiensi Panitia Seminar Sehari Wartawan Ramah Anak Kabupaten Deliserdang, di ruang kerjanya Makopolresta Jalan Sudirman, Lubuk Pakam, Rabu (12/10/2022).

Dalam kesempatan itu, Kapolresta Deli Serdang mengapresiasi dan mendukung kegiatan positif itu dalam upaya meningkatkan kapasitas wartawan ramah anak yang melakukan tugas-tugas jurnalistik sejalan pula dengan kode etik berlaku.

Menurutnya, konten tulisan (berita) wartawan yang dipublikasikan tentang anak akan dikonsumsi masyarakat sehingga diharapkan ada penguatan pesan-pesan dalam seminar sehari tersebut sehingga akan lahir pemberitaan yang ramah anak.

“Masyarakat tidak akan komplain dari berita tersebut. Tetapi yang mereka lihat adalah isi tulisannya sehingga etika penulisannya bisa disisipkan dalam penyampaian materinya,” ujar Kapolresta.

Kapolresta berharap meski seminar tersebut terbatas pada 70 peserta sesuai dengan target, namun diharapkan efeknya bisa menggurita kepada wartawan lainnya sehingga pemberitaan khususnya terkait dengan anak bisa sesuai dengan aturan pemberitaan ramah anak.

Ia juga memberikan masukan agar pelaksanaannya berjalan lancar, panitia juga harus membangun komunikasi dengan sejumlah stakeholder di lingkungan Pemkab Deli Serdang yang diyakninya akan turut membantu karena tujuannya sangat baik.

“Karena nawaitunya (niatnya) sudah baik, Insya Allah akan ada nilai kebaikan yang akan diterima nantinya,” ucapnya.

Sementara Ketua Persatuan Wartawan (PWI) Deli Serdang, Lisbon Situmorang menguraikan seminar sehari yang digagas merupakan bagian partisipasi dalam membangun Deli Serdang bertujuan memfasilitasi peningkatan kapasitas wartawan dalam pemberitaan berbasis ramah anak.

Seminar tersbut merupakan sinergitas PWI dengan Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) Deli Serdang yang khusus berkonsentrasi dalam gerakan perlindungan anak sehingga diharapkan menjadi bagian edukasi untuk wartawan lebih ramah anak.

“Ending (akhir) kegiatan ini juga akan diinisiasi dengan deklarasi wartawan ramah anak sehingga akan membentuk karakter bahwa wartawan di Deli Serdang sudah ramah anak dalam pemberitaannya,” terang Lisbon yang turut didampingi Ketua Komnas PA Deli Serdang Junaidi Malik dan Sekretaris PWI Edward Limbong.

Sebelumnya Ketua Panitia Pelaksana Amirul Khair memaparkan, kegiatan akan digelar 26 Oktober 2022 akan diikuti maksimal 70 wartawan yang bertugas di wilayah Kabupaten Deliserdang menghadirikan 3 narasumber berkompeten.

Ketiga narasumber yakni, Deputi Partisipasi Masyarakat (Parmas) Kementerian Permberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Ketua Umum Komnas PA Pusat Arist Merdeka Sirait dan Wakil Ketua Bidang Pendidikan PWI Sumut Sugiatmo.

“Rencana awalnya kita minta kesediaan Ketua PWI Sumut menjadi narasumber. Namun saat audiensi kemarin, Ketua PWI Sumut mendelegasikan kepada Bapak Sugiatmo yang dinilainya sangat kompeten untuk memberi materi pemberitaan ramah anak,” terang Amirul.

Amirul berharap dukungan penuh zahir dan batin dari Kapolresta Deli Serdang Kombes Pol Irsan Sinuhaji sehingga kegiatan berjalan lancar serta menghasilkan hal terbaik dari tujuan dilaksanakannya seminar sehari wartawan ramah tersebut.

(Deli Serdang)

Belum ada Komentar untuk "Kapolresta Deli Serdang Dukung Seminar Wartawan Ramah Anak"

Posting Komentar

Bersama Mahasiswa Magang, Lapas Medan Tingkatkan Program Rehabilitas Sosial Bagi WBP

LensaMedan - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Medan terus berupaya meningkatkan program rehabilitasi di Lapas Kelas I Medan. Kali ini,...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel