Jadi Irup HUT ke-77 TNI, Gubernur Edy Rahmayadi Sampaikan Pentingnya Loyalitas dan Jiwa Korsa Hadapi Tantangan Bangsa


Lensamedan - Gubernur Sumatera Utara (Sumut), Edy Rahmayadi didapuk menjadi inspektur upacara (Irup) Hari Ulang Tahun (HUT ke-77 ) Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang digelar  di Lapangan Astaka, Jalan Willem Iskandar, Deliserdang, Rabu (5/10/2022).

Pada kesempatan itu, Gubernur Edy menyampaikan pentingnya menjaga loyalitas dan jiwa korsa dalam menghadapi tantangan bangsa ke depan. Apalagi, persoalan bangsa ke depan semakin kompleks. Dengan tetap menjaga loyalitas dan jiwa korsa, seluruh tantangan bangsa akan mudah dihadapi. 

“Kita tidak boleh lengah, TNI tetap jaga loyalitas, jiwa korsa dan mampu kerja sama,” kata Gubernur Edy Rahmayadi.

Selain menyaksikan defile pasukan, Edy Rahmayadi yang mengenakan Pakaian Dinas Upacara Bendera (PDUB) berdiri gagah di atas mobil komando melakukan pemeriksaan barisan pasukan. Acara HUT TNI tersebut juga diisi dengan berbagai demonstrasi dan pertunjukan dari para prajurit.

Sewaktu demonstrasi meriam, Edy Rahmayadi pun berkesempatan menembakkannya secara langsung. Ledakannya begitu memekakkan telinga, namun disambut tepuk tangan para masyarakat yang hadir. 

Menurut Edy Rahmayadi, HUT TNI sejak dulu merupakan ajang unjuk kekuatan TNI. Berbagai demonstrasi dan pawai defile yang dilakukan juga menunjukan kesiapan dan kerja sama TNI kepada masyarakat. 

“Jadi demonstrasi dan pawai defile itu menunjukan ikatan yang kuat antarprajurit TNI serta kesiapannya dalam menghadapi tantangan yang dialami bangsa,” kata Edy.

Sebelumnya, Panglima TNI Andhika Perkasa dalam sambutannya yang dibacakan Edy Rahmayadi meminta seluruh prajurit maupun ASN TNI menjaga kepercayaan masyarakat. Dengan bertindak dan berucap sesuai dengan tugas pokok TNI. 

Disebutkan, tingkat kepercayaan masyarakat atas kinerja TNI mendapat tingkat tertinggi dari berbagai lembaga survei. Di antaranya hasil survei lembaga Indikator Politik Indonesia (IPI) tanggal 24 Juni 2022, TNI mendapatkan kepercayaan tertinggi dari publik sebesar 93,2%. 

Sedangkan hasil survei tingkat kepercayaan masyarakat terhadap lembaga hukum versi Lembaga Survei Indonesia (LSI) tanggal 31 Agustus 2022, TNI mendapatkan tingkat kepercayaan masyarakat paling tinggi sebesar 93%. Hasil lembaga survei Centre  for Strategic and International Studies (CSIS) tanggal 27 September 2022 juga merilis hasil survei dukungan dan kepuasan kinerja TNI terhadap demokrasi, sebesar 93,5 %.

Pangdam I/Bukit Barisan Mayjen TNI Achmad Daniel Chardin mengatakan, tema HUT TNI tahun ini yaitu ‘TNI adalah Kita’. “Artinya semua masyarakat memiliki TNI, TNI adalah milik semua masyarakat, semua komponen bangsa, untuk itu kita minta kesediaan Gubernur jadi Irup,” kata Pangdam.

Turut hadir pada kesempatan tersebut Kepala Kepolisian Daerah Sumut Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak, Komandan Kosek III Koopsud III Marsma TNI Wastum, Danlanud Soewondo Kolonel Pnb Reka Budiarsa, Danlantamal I Belawan Laksamana Pertama TNI Johanes Djanarko Wibowo, dan Kepala Kejaksaan Tinggi Sumut Idianto. (*)


(Deliserdang) 


Belum ada Komentar untuk "Jadi Irup HUT ke-77 TNI, Gubernur Edy Rahmayadi Sampaikan Pentingnya Loyalitas dan Jiwa Korsa Hadapi Tantangan Bangsa"

Posting Komentar

Forwakum Sumut Jenguk Ketua Pewarta Polrestabes Medan

LensaMedan - Sebagai bentuk solidaritas sesama rekan jurnalis, Forum Wartawan Hukum (Forwakum) Sumatera Utara (Sumut) menjenguk Ketua Pewart...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel