Gubernur Edy Dorong USU Terus Cetak SDM Unggul

Lensamedan - Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi mendorong Universitas Sumatera Utara (USU) untuk terus mencetak Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul. Bukan hanya sekadar akademik, tetapi juga memiliki karakter dan akhlak yang baik.

Menurut Edy Rahmayadi, USU sebagai salah satu universitas tertua di Sumut telah banyak melahirkan SDM yang mumpuni. Di era digital saat ini, USU diharapkan terus melakukan pengembangan untuk mencetak mahasiswa yang mampu membantu menyelesaikan persoalan bangsa dan kesejahteraan rakyat.

“Banyak mahasiswa yang cerdas secara akademik, tetapi akhlak dan karakter belum tentu, ini harus seimbang untuk membangun bangsa kita, mereka harus punya hati nurani,” kata Edy Rahmayadi usai menghadiri Sidang Terbuka Dies Natalis ke-70 USU di Auditorium USU Jalan Dr Mansyur, Medan (20/10/2022).

Dies Natalis USU yang mengusung tema ‘Towards Entrepreneurial University’ dengan tagline kreasi, inovasi dan prestasi. Edy Rahmayadi berharap tema tersebut bisa diimplementasikan dan mendorong USU mencetak entrepreneur handal, mengingat tantangan perekonomian yang semakin berat ke depannya.

“Kita butuh entrepreneur handal, tenaga-tenaga ahli yang cakap, karena ke depan ini tantangan ekonomi Indonesia bahkan dunia semakin berat, SDM unggul menjadi hal wajib bila kita ingin sukses kedepannya,” ungkap Edy Rahmayadi.

Sementara itu, berdasarkan keterangan Rektor USU Muryanto Amin saat ini di level nasional USU sudah berada di peringkat 12 universitas terbaik. Sedangkan di QA World University Ranking (WUR) 2021 kampus ini masuk ke peringkat 1.201+, ini pertama kalinya USU masuk ke dalam ranking bergengsi tersebut.

Targetnya tahun 2039 USU menjadi perguruan tinggi yang memiliki keunggulan akademik sebagai barometer kemajuan ilmu pengetahuan yang mampu bersaing dalam tataran dunia global. Salah satu cara mewujudkan hal tersebut adalah melalui transformasi pendidikan, mengubah program pembelajaran menjadi inovatif, hilirisasi penelitian dan produk inovasi ke masyarakat, pemerintah dan industri.

“Pendidikan inklusif menjadi kebijakan pengembangan wajib maupun pengembangan kompetitif yang diselenggarakan secara complementary di setiap satuan kerja di lingkungan Universitas Sumatera Utara,”  kata Muryanto saat memberikan kata sambutan.

Presiden RI Joko Widodo secara virtual mengapresiasi kontribusi USU dalam kemajuan SDM di Indonesia. Dia juga berharap Dies Natalis ke-70 ini bisa menjadi momentum USU menjadi pusat pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

“Saya mengapresiasi kontribusi USU dalam kemajuan SDM Indonesia, USU mendidik mahasiswa menjadi pribadi yang berintegritas dan jiwa entrepreneurship, Saya harap Dies Natalis ke-70 ini menjadi momentum untuk bertransformasi menjadi pusat pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi berstandar internasional,” kata Joko Widodo.

Hadir pada Dies Natalis ke-70 USU, Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting, Wali Kota Medan Bobby Afif Nasution, mantan Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi dan Plt Dirjen Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Nizam. Hadir juga rektor universitas-universitas di Sumut, jajaran pengurus dan dosen USU serta mahasiswa dari berbagai universitas. (*)


(Medan)

 

Belum ada Komentar untuk "Gubernur Edy Dorong USU Terus Cetak SDM Unggul "

Posting Komentar

Gara-gara Sabu 43 Kg, Seorang Kakek Berusia 77 Tahun Dituntut Hukuman Mati

Lensamedan - Jaksa Penuntut Umum (JPU) menuntut Seorang kakek bernama Sofyan alias Tulang Bin Yusuf Ibrahim (77), warga Jalan Kakatua Kelura...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel