Buah Cempedak Raksasa dengan Bobot 23 Kilogram Gegerkan Warga Binjai


LensaMedan - Produk tanaman unggulan nasional Cempedak Guling yang berasal dari Kebun Lada Binjai beratnya kini ternyata bisa mencapai 23 Kilogram lebih 8 ons. Mereka para penangkar benih tanaman Cempedak Guling yang berasal dari Jalan Madura, Lingk III, Kel. Kebun Lada, Kec. Binjai Utara tentunya menyambut kabar gembira ini.

“Awalnya buah ini beratnya hanya sekitar 8 sampai 14 kilogram saja. Tapi sekarang ini kami temukan beratnya ternyata sudah bisa mencapai 23 Kilogram. Dan ini masih bisa besar lagi, tergantung bagaimana perawatannya,” kata M.Arifin selaku Pembina Penangkar Benih Tanaman Kota Binjai, Senin (5/9/2022) siang.

Penemuan hasil buah Cempedak Guling berbobot 23 Kilogram dengan panjang 25 centimeter dan lebar lingkaran 75 centimeter tersebut langsung dipamerkan kepada warga kampung. Sebelum akhirnya cempedak tersebut di belah untuk dilihat isi dalamnya dan disantap bersama-sama.

Berbeda dengan buah cempedak lain pada umumnya, Cempedak Guling ini setelah dibelah ternyata tidak hanya berukuran besar tapi juga memiliki rasa yang sangat manis dengan tekstur cukup lembut.

Nah, kelebihan dari Cempedak Guling ini selain rasanya yang sangat manis juga tidak membuat perut kembung. Sehingga banyak orang jadi ketagihan dibuatnya.

“Buah cempedak guling ini adalah hasil riset kami sejak 11 tahun yang lalu. Biasanya kan kalau cempedak yang lain itu berbuah musiman. Tapi kalau cempedak guling ini tidak ada musimnya dia, jadi nge-dorr berbuah terus,” ujar Arifin.

Kepada para penangkar benih tanaman, Arifin berharap supaya budi daya tanaman Cempedak Guling ini dapat lebih ditingkatkan. Sebab, Cempedak Guling ini berbeda dengan cempedak pada umumnya yang hanya bisa berbuah setiap musimnya dan lebih bernilai ekonomis.

“2,5 tahun tanaman Cempedak Guling ini sudah bisa berbuah dari mulai penanaman. Dan itu nge-door berbuah tidak ada musim-musimnya” ucapnya.

Terakhir, Arifin juga berharap kepada pemerintah terkait agar memberikan perhatian serta dukungannya kepada para penangkar dalam membudi dayakan benih tanaman Cempedak Guling ini, supaya lebih dikenal luas lagi di luar daerah.

“Varian buah Cempedak Guling hasil ciptaan para penangkar benih tanaman kami disini sudah pernah menjadi juara satu dalam Festival Buah se-Sumut,” tambahnya.

Hal senada disampaikan Penangkar Benih Tanaman, Amrial. Disebutkannya untuk varian tanaman benih buah Cempedak Guling ini memiliki berbagai kategori. Yakni, label feed yang sudah berbuah dan kedua benih dasar namanya label putih. Kemudian ada yang disebut label ungu dan diperbanyak lagi menjadi label biru.

“Itu untuk benih sebar, jadi kepada petani penangkar, itu lah dia tadi yang bisa dijadikan induk,” jelasnya.

Dalam proses pameran buah Cempedak Guling, Lurah Kebun Lada, Nur Azaini yang hadir di acara tersebut turut dipercaya untuk membelah buah cempedak tersebut. Setelah buah dibelah, warga pun langsung berebut untuk mencicipi nikmatnya buah Cempedak Guling.

Dalam sambutannya, Lurah Kebun Lada, Nur Azaini mengaku bangga kepada para penangkar benih tanaman di wilayahnya yang sudah berhasil menciptakan inovasi tanaman buah baru. Dia mengaku seumur hidup baru kali ini merasakan nikmatnya buah cempedak seperti ini dan buahnya yang sebesar ini.

“Saya memang suka makan cempedak tapi jujur saja belum pernah saya merasakan buah cempedak guling ini yang rasanya manis sekali dan berukuran besar,” katanya.

Sebagai informasi, benih tanaman buah Cempedak Guling ini di jual seharga Rp 35 ribu. Dan untuk buahnya sendiri dijual mulai dari harga Rp 50 ribu sampai Rp 200 ribu, tergantung ukurannya. (*)


( Binjai)






Belum ada Komentar untuk "Buah Cempedak Raksasa dengan Bobot 23 Kilogram Gegerkan Warga Binjai"

Posting Komentar

Bersama Yayasan OBI Indonesia , Pemdes Pematang Rambai Gelar Bakti Sosial Kesehatan

LensaMedan - Kegiatan bakti sosial kesehatan yang dilaksanakan oleh Yayasan Obor Berkat Indonesia atau OBI sebuah organisasi Yayasan sosial ...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel