Guru Besar Didorong Terus Berperan Pecahkan Berbagai Permasalahan Masyarakat


Lensamedan -  Para Guru Besar diharapkan terus berperan dalam pengembangan ilmu pengetahuan untuk kemaslahatan umat manusia. Serta berinovasi guna memecahkan berbagai permasalahan masyarakat dengan cara yang ilmiah.

Hal ini disampaikan Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi yang diwakili Staf Ahli Bidang Ekonomi Keuangan Pembangunan Aset dan Sumber Daya Alam (SDA) Agus Tripriyono pada acara Pelantikan Guru Besar Indonesia (Pergubi) Sumut di Aula Tengku Rizal Nurdin, Rumah Dinas Gubernur, Jalan Jenderal Sudirman Nomor 41, Medan, Rabu (29/6/2022). 

“Di sinilah para intelektual peneliti punya tugas meluaskan hati dan melihat objek atas subjek dengan lebih luas lagi, ilmuan tidak harus berdiri di kelompok tertentu atau membela kepentingan tertentu," kata Agus Tripriyono saat membacakan pidato Gubernur. 

Universitas juga harus menjadi garda terdepan dalam menyiapkan inovasi dalam upaya menuju perekonomian yang berdasarkan pengetahuan. Hal itu dilakukan dengan meningkatkan kapasitas riset yang juga merupakan pondasi Tri Dharma Perguruan tinggi. 

"Riset yang hadir sebagai jembatan pembangunan ekonomi sosial, riset yang menghasilkan produk yang berguna bagi masyarakat dan menjadikan peneliti yang berorientasi pada value creation dalam segala aktivitasnya, yang berupaya menjawab tantangan tantangan di masyarakat dengan temuan inovasi, " katanya. 

Untuk itu perlu sinergi dari setiap pihak guna menuju Sumut Bermartabat maju, aman dan bermartabat. Khususnya dalam pemecahan masalah dapat ditemukan sekaligus diterapkan melalui proses pemikiran. 

"Semoga hal ini menjadi perhatian kita bersama, ada tanggung jawab akademik yang besar di pundak para guru besar untuk terus berkarya dan berinivasi sesuai dengan bidang keahliannya," sebutnya. 

Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat Pergubi Gimbal Doloksaribu mengatakan, kehadiran profesor dan guru besar  sangat penting, serta dibutuhkan bagi rakyat Indonesia. "Diharapkan para guru besar dan intelektual dapat terus berkontribusi dalam menyelesaikan persoalan-persoalan masyarakat secara ilmiah, " kata Gimbal. 

Adapun pengurus Pergubi Sumut periode 2021-2026 yang dilantik di antaranya Ketua Edi Warman, Wakil Ketua I Tamrin, Sekretaris Erika Revida dan Bendahara Elisabet Siahaan. (*)


(Medan) 


Belum ada Komentar untuk "Guru Besar Didorong Terus Berperan Pecahkan Berbagai Permasalahan Masyarakat"

Posting Komentar

Semarak HUT ke-77 RI, Polda Sumut Bagikan 30.000 Bendera Merah Putih

Lensamedan - Semarak peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke 77, Polda Sumut  membagikan 30.000 bendera merah putih kepada masya...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel