ACT Medan Salurkan Paket Pangan untuk Lansia di Kampung Nelayan Seberang


Lensamedan - Aksi Cepat Tanggap (ACT) Medan bersama Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Medan menggelar program Pangan untuk Lansia yang berada di Kampung Nelayan Sebrang, Kecamatan Medan Belawan, Kota Medan, Jumat (10/6/2022).

Kampung Nelayan Seberang merupakan  satu daerah terluar di Kota Medan. Untuk menuju ke Kampunh Nelayan Seberang, harus menggunakan transportasi perahu.

Salah satu penerima bantuan, adalah Nenek Aisyah, yang sejak suaminya meninggal, harus menggantungkan hidupnya kepada anaknya yang bekerja sebagai nelayan
dengan penghasilan yang tidak tetap.

Bergantung hidup dengan anaknya membuat Nenek Aisyah harus pasrah menjalani masa tuanya dengan seadanya.

Perempuan berusia 72 tahun ini  hanya makan sekali setiap harinya, bahkan  sering hanya makan nasi pake garam karena tidak memiliki uang membeli lauk ketika anaknya melaut.

Beruntung nenek memiliki tetangga yang murah hati yang mau membagikan makanan kepada nenek Aisyah.

“Kalau sudah tua begini ya harus pasrah saja, Alhamdulillah masih ada anak nenek yang mau merawat nenek. Untuk makan  sehari sekali saja, karena ga ada uang. Sering ditanya tetangga sudah makan atau belum, kalau belum biasanya nenek diberikan nasi dan lauk,” ungkap Nenek Aisyah.

Ilham Moehammad, dari Tim Program Aksi Cepat Tanggap Medan, menerangkan, Program Pangan Lansia ini bertujuan membantu para lansia mendapatkan kebutuhan pangan secara gratis demi memenuhi kebutuhan gizi seimbang kepada para lansia.

“Program kita saat ini difokuskan untuk para lansia, pemberian pangan ini kita lakukan karena berdasarkan assesment yang kita lakukan ternyata banyak sekali lansia yang gizinya tidak terpenuhi dan juga kondisi ekonomi yang rentan. Baberapa lansia yang kita wawancara mengaku mereka hanya makan lauk seadanya karena tidak ingin menyusahkan anak-anak mereka. Adapun pangan yang kita berikan berupa beras, gula, susu, minyak, telur, tepung dan beberapa kebutuhan pangan lainnya,” kata Ilham dalam keterangan tertulis, Minggu(12/6/2022).

Kepala Cabang Aksi Cepat Tanggap Medan, Lisdayati, menjelaskan, kedepannya akan banyak sekali program-program kemanusia untuk lansia seperti program layanan kesehatan, pemberian alat ibadah dan mensupport kebutuhan para lansia di Indonesia.

“Target kita kedepannya akan menghadirkan program-progam untuk lansia dengan tujuan mensejahterakan para lansia di Indonesia. Akan ada beberapa program yang kedepannya yang akan kita lakukan untuk lansia seperti layanan kesehatan gratis, alat ibadah dan mensupport kebutuhan lansia. Kita mengajak masyarakat untuk berpartisipasi membantu para lansia di Indonesia melalui Aksi Cepat Tanggap," ujar Lisda.

Program pangan untuk lansia ini digelar secara serentak diseluruh cabang Aksi Cepat Tanggap di Indonesia. (*)



(Medan)

Belum ada Komentar untuk "ACT Medan Salurkan Paket Pangan untuk Lansia di Kampung Nelayan Seberang"

Posting Komentar

Hingga Maret 2024, Realisasi Pembiayaan Turun Drastis Dibanding Tahun Lalu

Lensamedan – Menteri Keuangan Sri Mulyani menyampaikan, hingga akhir Maret 2024  realisasi pembiayaan terealisasi Rp104,7 triliun. Realisasi...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel