RSUP Haji Adam Malik Bentuk Tim Khusus untuk Tangani Kasus Hepatitis Akut


Lensamedan - Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Haji Adam Malik (HAM) membentuk tim khusus untuk penanganan pasien diduga terpapar virus Hepatitis Akut. 

Direktur Utama RSUP HAM, dr.Zainal Safri mengatakan, tim yang dibentuk ini  sejalan dengan tim yang dibentuk Gubernur Edy Rahmayadi. 

“Tim yang dibentuk Pak Gubernur itu diketuai dr. Ade yang kebetulan juga bertugas di Adam Malik. Karena itu kita juga  bentuk tim agar penangannya lebih sempurna,” ujar Zainal Safri kepada wartawan, Selasa (10/5/2022).

Selain itu kata Zainal, pihaknya akan menyiapkan 15 ruangan khusus untuk pasien yang diduga terpapar sebagai bentuk antisipasi jika terjadi peningkatan. Saat ini, pihak rumah sakit memanfaatkan kamar yang ada di ruang PICU.

“Karena seperti keterangan beberapa ahli, penularan virus ini tidak seperti Covid-19. Virus ini kan penularannya lewat oral atau lewat makanan yang lebih memungkinkan,” katanya. 

Pada kesempatan yang sama, Ketua Tim Penanganan Pasien Hepatitis Akut Unknown RSUP H.Adam Malik, dr. Ade Rachmat Yudiyanto, M.Ked(Ped), Sp.A(K), mengatakan, saat ini ada satu pasien yang diduga terpapar virus Hepatitis Akut yang dirawat di RSUP HAM. 

Pasien berjenis kelamin perempuan yang baru berusia 8 bulan tersebut dirawat di RSUP HAM sejak 7 Mei setelah dirujuk dari RS Elisabeth Medan yang sebelumnya juga dirujuk dari Rumah Sakit Grand Medistra Lubuk Pakam. 

“Sejauh ini kondisinya memenuhi kriteria Kemenkes terkait virus Hepatitis Akut, dan ditambah dengan data pendukung SGPT yang meningkat dari 500, sehingga kasus ini kita anggap sebagai probable dan saat ini kita masih investigasi. Maknanya adalah bahwa kita tidak langsung memastikan bahwa ini berhubungan dengan Hepatitis Akut yang tidak kita ketahui tadi,” kata Ade.

Dilanjutkannya, saat ini kondisi pasien secara klinis dilaporkan ada sedikit perburukan dari saat diterima di tanggal 7 Mei lalu, dikarenakan pada saat diterima, kuning yang ada di tubuh pasien belum terlalu menonjol, tetapi pada Senin (9/5/2022) kemarin kuningnya sudah semakin berat.

Karena ini sifatnya Hepatitis Akut yang tidak diketahui penyebabnya, ada panel virus yang harus memang harus diperiksa sesuai dengan aturan yang disyaratkan Kemenkes, salah satunya adalah pemeriksaan Adenovirus 41. 

“Dan Adenovirus 41 ini lah yang kita koordinasikan untuk dikirim samplingnya ke Jakarta, dan saat ini sudah dikirim ke Jakarta. Dari informasi yang diterima, lab yang sudah ditunjuk membutuhkan waktu 14 hari, tetapi untuk berapa lama  hasil bisa diterima, itu yang belum bisa kami pastikan,” tambahnya. (*)


(Medan)  


Belum ada Komentar untuk "RSUP Haji Adam Malik Bentuk Tim Khusus untuk Tangani Kasus Hepatitis Akut"

Posting Komentar

Ukir Sejarah, Yayasan Pendidikan Islamiyah Al Amin Juara Umum Porsadin se Kecamatan Medan Deli

Lensamedan - Santriwan-Santriwati Yayasan Pendidikan Islamiyah Al Amin raih predikat juara umum dalam kegiatan Pekan Olahraga dan Seni Antar...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel