PT KAI Divre I Sumut Angkut 157.379 Penumpang Selama Libur Hari Raya Idul Fitri 1443 H

Lensamedan - Selama libur Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah, PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divisi Regional (Divre) I Sumatera Utara (Sumut) mencatat mengangkut 158.379 penumpang mudik.

Sejak H - 10 dan H + 10 libur Lebaran tersebut, dari 158.379 penumpang itu, PT KAI Divre I Sumut merinci bahwa penumpang mudik yang menggunakan kereta api dengan perjalanan Jarak Jauh sebanyak 82.029 orang. Sedangkan, perjalanan kereta api Lokal melayani 76.350 orang.

Vice President PT KAI Divre I Sumut, Yuskal Setiawan menjelaskan bahwa selama Lebaran tersebut, pihak KAI mengangkut pemudik dengan KA Jarak Jauh dengan okupansi 64 persen dari total kapasitas tempat duduk yang disediakan. 

"Jika ditotalkan dengan perjalanan KA Lokal sebanyak 76.350 penumpang. Maka pada Angkutan Lebaran 2022 KAI melayani total 158.379 pelanggan," jelas Yuskal, Rabu (18/5/2022).

Yuskal mengatakan bahwa dengan total tersebut, angkutan Lebaran itu mencapai 162 persen. Jika dibandingkan dengan program yang telah ditetapkan sebanyak 97.755  pemudik. 

"Jumlah tersebut mencapai 52 persen jika dibandingkan dengan total pelanggan pada Angkutan Lebaran sebelum pandemi, yaitu 2019, sebanyak 304.583 pelanggan," ucap Yuskal.

Selama angkutan libur Lebaran 2022 ini, PT KAI mengoperasikan total 240 perjalanan Jarak Jauh dengan rata-rata 10 KA per hari. Sementara, puncak arus mudik terjadi pada H-2 yaitu Sabtu 30 April 2022  sebanyak 5.240 penumpang. Sedangkan, puncak arus balik terjadi pada H+5 yaitu Rabu 8 Mei 2022 sebanyak 7.036 penumpang. 

Untuk rute favorit penumpang yaitu Medan - Rantau Prapat, Medan - Tanjung Balai, Medan - Tebing Tinggi, Medan - Kisaran dan lainnya. Pembelian tiket KA pada periode Angkutan Lebaran ini didominasi melalui aplikasi resmi KAI yaitu aplikasi KAI Access dibandingkan dengan pembelian melalui channel eksternal lainnya.

“Banyaknya pelanggan pada Angkutan Lebaran 2022 ini merupakan capaian yang luar biasa. Angka tersebut juga sudah mendekati pencapaian volume pelanggan di tahun 2019. Sehingga kita mempunyai optimisme untuk mengoptimalkan pelayanan di tahun 2022,” ungkap Yuskal.

Yuskal menyebutkan bahwa meskipun Pemerintah Pusat mengizinkan masyarakat untuk mudik, namun pihaknya tetap menerapkan protokol kesehatan dengan ketat kepada pemudik atau pelanggan.

"Pelanggan yang tidak melengkapi persyaratan Prokes akan ditolak untuk berangkat dan dipersilakan untuk membatalkan tiketnya. Ada sebanyak 29 pelanggan dibatalkan keberangkatannya karena belum divaksin, sakit, reaktif, dan tidak melengkapi persyaratan," kata Yuskal.

Selain itu, PT KAI juga membantu pelanggan untuk melengkapi persyaratan naik KA Jarak Jauh, seperti pelayanan vaksinasi kepada 864 orang dan melakukan rapid test antigen sebanyak 9.261 orang.

"Kami sangat mengapresiasi kepada penumpang KAI atas kepercayaannya menggunakan jasa angkutan KA sebagai moda transportasi pilihan untuk mudik dan balik Lebaran tahun ini dengan selamat, aman, nyaman, dan sehat," sebut Yuskal.

Yuskal mengatakan bahwa untuk kedepannya KAI akan terus mengembangkan dan meningkatkan pelayanan seperti kualitas sarana kereta, fasilitas di stasiun, serta pelayanan kepada para pelanggan baik layanan KA Jarak Jauh dan KA Lokal.  

"KAI mengucapkan terimakasih terhadap pemerintah melalui Kementerian Perhubungan, Kementerian BUMN, Pemerintah Daerah, TNI, Polri, serta anggota komunitas pecinta KA, dan seluruh pihak, yang telah mendukung dan menyukseskan penyelenggaraan angkutan Lebaran 2022,” tandas Yuskal. 

(Medan)

Belum ada Komentar untuk "PT KAI Divre I Sumut Angkut 157.379 Penumpang Selama Libur Hari Raya Idul Fitri 1443 H"

Posting Komentar

Peringati HBP ke - 60, Lapas Kelas IIA Labuhan Ruku Gelar Tabur Bunga

Lensamedan - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Labuhan Ruku menggelar serangkaian kegiatan dalam rangka memperingati Hari Bakti Pemas...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel