Nawal Lubis Ajak Dekranasda se-Sumut Tingkatkan Promosi Hasil Kerajinan Daerah


Lensamedan - Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Nawal Lubis mengajak Ketua Dekranasda Kabupaten/Kota se-Sumut untuk terus meningkatkan promosi hasil kerajinan daerah dari seluruh kabupaten/kota. 

Antara lain dengan memanfaatkan Galeri Tanda Mata Sultan di Bandara Kualanamu dan Showroom di Gedung Dekranasda Sumut untuk mempromosikan produk unggulan kerajinan daerah masing-masing.

Ajakan ini disampaikan Nawal Lubis dalam sambutannya saat membuka Rapat Kerja Daerah  (Rakerda) Dekranasda Sumut di Aula Tengku Rizal Nurdin, Jalan Jenderal Sudirman Nomor 41 Medan, Rabu (25/5/2022).

Menurut Nawal Lubis dengan memanfaatkan galeri milik Dekranasda Sumut diharapkan dapat lebih memperkenalkan produk unggulan kabupaten/kota, sehingga mendorong UMKM untuk bisa naik kelas dengan menebus pasar global.  

"Manfaatkan galeri ini untuk mempromosikan produk kerajinan hasil sumber daya alam, warisan tradisi dan budaya untuk mendorong geliat pengrajin," ujarnya.

Selain itu, untuk meningkatkan kualitas desain produk dan branding hasil produk, perlu adanya pelatihan, studi banding dan fasilitas bagi pengrajin untuk mendapatkan akses pendanaan melalui perbankan maupun CSR.

Nawal juga menambahkan, Rakerda ini juga diharapkan menjadi momentum dan sarana komunikasi, koordinasi serta sinkronisasi program pusat, provinsi dan kabupaten/kota dalam menyelaraskan persepsi pembinaan industri kerajinan.

Disampaikan juga, Dekranasda sangat mendukung program pemerintah dengan terus mengampanyekan 

"Bangga Buatan Indonesia" sehingga terciptanya kesadaran, kecintaan dan kebanggaan menggunakan produk Indonesia.

Sementara Ketua Harian Dekranasda Sumut Aspan Sofyan mengatakan Rakerda Dekranasda ini berfokus pada pelaksanaan pelatihan dan peningkatan kompetensi pengrajin di Kabupaten/Kota se Sumut dan berharap produk-produk pengrajin Sumut menjadi tuan rumah di daerah sendiri.

Pada kesempatan tersebut Nawal Lubis juga menyerahkan Sertifikat Halal kepada 40 UKM yang secara simbolis diterima oleh tiga pelaku UKM yakni Chankir dari Kabupaten Labuhanbatu Utara, Madu  Abizar dari Kabupaten Batubara dan Ekasari dari Kabupaten Labuhanbatu.

Rakerda Dekranasda ini dihadiri Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sumut Suherman, Ketua Dekranasda Kabupaten/Kota se-Sumut, Sekretaris Dekranasda Sumut Hasnah Leli Siregar beserta pengurus. (*)  


(Medan) 



Belum ada Komentar untuk "Nawal Lubis Ajak Dekranasda se-Sumut Tingkatkan Promosi Hasil Kerajinan Daerah"

Posting Komentar

Wujudkan Kepala Sekolah Berkompeten, Dinas Pendidikan Medan Gelar Assessment Bagi Calon Kepsek

Lensamedan - Guna mewujudkan Kepala Sekolah yang berkompeten, Pemko Medan melalui Dinas Pendidikan Kota Medan menggelar Assessment bagi calo...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel