Global Wakaf-ACT bersama PLN Peduli Luncurkan Program Wakaf Pangan Laut Produktif

Lensamedan Desa Paluh 80 Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara (Sumut0 yang dikenal mayoritas masyarakatnya mencari rezeki sebagai nelayan yang melaut bergantung pada kondisi cuaca. Keadaan ini  menjadi salah satu tantangan bagi mereka  dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Karena itu, kini sebagian masyarakat memilih untuk mengelola budidaya tambak udang vaname secara sendiri dan berkelompok. Berbagai upaya mereka lakukakan untuk bisa mendapatkan modal usaha melalui pinjaman lunak atau KUR.

Global Wakaf ACT dengan programnya yaitu Wakaf Pangan Laut Produktif (WPLP) bersinergi bersama PT. PLN UIP Sumbagut mencoba membantu dalam budidaya udang vaname kepada salah satu kelompok nelayan tambak undang di desa ini.

Program WPLP ini diluncurkan Rabu (25/5/2022) dan dihadiri Manager Bidang Perizinan dan Komunikasi PT PLN UIP Sumbagut, Bayu Wisatrioda, Assisren Manager Komunikasi dan TJSL PT PLN UIP Sumbagut Effy Polapa, tim dari Global Wakaf dan juga Ketua Gapoktan tambak udang Amanah PLN Peduli, Aman dan anggota Gapoktan. 

Melalui program pemberdayaan kelompok budidaya tambak udang 'Amanah PLN Peduli' dalam Wakaf Pangan Produktif Modern berbasis listrik (Electrifying Marine), Global Wakaf mengimplementasikan bantuan tersebut berupa pengadaan kolam tambak udang dan alatnya, pembibitan, pendampingan dan pembinaan, sampai pada panen nantinya.

Head of Marketing Global Wakaf, Elita Nuro, menyampaikan harapannya semoga dengan adanya sinergi ini menjadi solusi bagi para petani tambak dalam memenuhi kebutuhan modal tanpa terjerat pinjaman berbunga. 

“Serta dengan adanya pendampingan dan pembinaan dari relawan Global Wakaf, diharapkan mampu memperluas jaringan pasar sehingga mampu mensejahterakan ekonomi masyarakat  disini untuk kehidupan yang layak,” ujar Elita Nuro dalam keterangan tertulisnya, Kamis (26/5/2022)..

Pada kegiatan tersebut, Ketua Gapoktan Amanah PLN Peduli, Aman mengucapkan terima kasih kepada Global Wakaf ACT dan juga PT PLN UIP Sumbagut lewat program PLN Peduli. 

“Semoga dengan adanya bantuan ini dapat menumbuhkan perekonomian kami serta kami berharap semakin banyak petani tambak udang yang akan terbantu dengan adanya program produktif seperti ini,” kata Aman. (*)


(Deliserdang) 


 

Belum ada Komentar untuk "Global Wakaf-ACT bersama PLN Peduli Luncurkan Program Wakaf Pangan Laut Produktif"

Posting Komentar

Terbitkan SE THR Keagamaan 2024, Menaker Ida: THR Tidak Boleh Dicicil

  Lensamedan - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah menerbitkan Surat Edaran (SE) Nomor M/2/HK.04/III/2024 tentang Pelaksanaan Pem...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel