Cegah Intrusi Air Laut di Pesisir Tambakrejo, Subholding Gas Pertamina Tanam 1.103 Mangrove

Lensamedan - Subholding Gas Pertamina melalui afiliasi PT Pertamina Gas (Pertagas) mewujudkan kegiatan tanggung jawab sosial dan lingkungan yang berkelanjutan melalui penanaman 1.103 bibit Mangrove di pesisir Tambakrejo, Semarang, Jawa Tengah (17/5/2022). 

Penanaman bibit mangrove berdampingan dengan pemukiman warga, tepatnya di sekitar lokasi Offshore Receiving Facility Porong – Tambakrejo Pertamina Gas Operation East Java Area (ORF Porong – Tambakrejo Pertamina OEJA).

Kegiatan ini bertujuan untuk membantu mencegah intrusi air laut ke pemukiman masyarakat di pesisir Tambakrejo yang terjadi akibat daratan terkikis ombak air laut. Bibit pohon mangrove yang ditanam kali ini merupakan donasi dari 149 Pekerja atau Perwira Pertagas.

Penanaman mangrove ini juga merupakan rangkaian dari kampanye Hari Bumi Tahun 2022 Pertagas yang telah dimulai sejak 22 April 2022. Selama periode kampanye Hari Bumi, seluruh pekerja maupun mitra kerja Pertagas diberikan edukasi terkait pemanasan global dan berbagai upaya untuk penyelamatkan bumi dari efek Gas Rumah Kaca (GRK) dan kerusakan lingkungan lainnya.

Sesuai dengan tema Hari Bumi Tahun 2022 yakni Invest in Our Planet, pohon Mangrove dapat menjadi modal bagi masing-masing Perwira yang berpartisipasi untuk mengimbangi emisi gas rumah kaca, karena 1 Pohon Mangrove dapat menyerap 4,7 kg CO2e/tahun. Sehingga dengan total pohon terkumpul, sebesar 5 ton gas rumah kaca dapat diserap setiap tahunnya.

Penanaman pohon mangrove dilaksanakan oleh jajaran Managemen Pertagas dan perwakilan Perwira bekerjasama dengan lindungihutan.com dan tentunya masyarakat Tambakrejo sebagai penerima manfaat langsung dari upaya penghijauan ini.

Di tempat berbeda, Manager Communication Relation & CSR Pertagas, Elok Riani Ariza menyampaikan harapan Perusahaan untuk dapat memberikan manfaat bagi lingkungan.

“Sejalan dengan semangat invest in our planet, Pertamina Gas ingin berperan aktif menciptakan masa depan yang berkelanjutan dan memberikan manfaat bagi lingkungan sekitar,” tutur Elok.

Sukiyah, perwakilan dari Kelompok Tani CAMAR - Tambakrejo menyampaikan ucapan terimakasih atas upaya yang dilakukan Pertagas. 

“Kami menyambut baik inisiatif Pertamina Gas, semoga ini menjadi amal jariah pekerja dan memberikan manfaat untuk masyarakat Tambakrejo,” pungkasnya. (*)


(Semarang) 




 

Belum ada Komentar untuk "Cegah Intrusi Air Laut di Pesisir Tambakrejo, Subholding Gas Pertamina Tanam 1.103 Mangrove"

Posting Komentar

Bersama Mahasiswa Magang, Lapas Medan Tingkatkan Program Rehabilitas Sosial Bagi WBP

LensaMedan - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Medan terus berupaya meningkatkan program rehabilitasi di Lapas Kelas I Medan. Kali ini,...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel