Naik Tajam di Awal Pekan, Harga Cabai Merah Terjun Bebas Jelang Akhir Pekan


Lensamedan - Setelah sempat naik tajam di awal pekan kemarin hingga menyentuh level Rp35 ribu hingga Rp48 ribu, saat ini harga cabai merah  di tingkat pedagang pengecer di sejumlah pasar Kota medan turun tajam.

Dari pantauan PIHPS (Pusat Informasi Harga Pangan Strategis), harga cabai merah saat ini dijual dikisaran Rp30 ribu per Kg.

Pemerhati ekonomi Sumatera Utara (Sumut), Gunawan Benjamin, mengatakan, dari hasil pantauannya di pasar induk, harga cabai merah itu menyentuh Rp20 ribu  hingga Rp25 ribu per kg. Penurunan harga cabai merah tersebut dipicu akibat kenaikan stok dari sejumlah daerah yang ada di Sumut maupun luar Sumut.

Hampir semua titik produsen cabai di Sumut dan Aceh menjual cabainya di Pasar Induk Tuntungan.

"Tak ayal harga cabai merah pun langsung terjun bebas. Kabar harga cabai merah yang turun ini tentunya bukan menjadi kabar baik bagi petani, tetapi konsumen akan menyambut gembira penurunan cabai merah tersebut," sebut Gunawan Benjamin di Medan, Kamis (7/4/2022).

Di awal pekan ini, kenaikan harga cabai lebih dikarenakan petani yang fokus beribadah. Nah disaat semuanya sudah kembali normal, harga cabai merah pun langsung turun.

Jika mengacu pada harga cabai meah saat ini di tingkat pedagang besar yang dijual dikisaran Rp20 ribu hingga Rp25 ribu per kg, maka margin atau keuntungan petani cabai merah tergerus signifikan.

Sejauh ini, harga balik modal atau break even point petani cabai merahitu dikisaran Rp14 ribuan per kg. Naik dari posisi Rp12.500 saat belum terjadi kenaikan harga pupuk dan pestisida.

Dengan harga jual di level pedagang besar seperti saat ini, maka pada dasarnya harga di tingkat petani sudah mendekati angka keekonomiannya.

Ia menduga kalau cabai merah paling murah di jual di harga Rp20 ribu di level tengkulak atau pedagang besar, maka petani itu menjual di kisaran harga Rp15 ribu hingga Rp18 ribu per kg nya.

"Jadi harga di tingkat petani itu sedikit lagi bisa membuat petani tidak mendapatkan untung atau bahkan merugi," katanya.

Sementara itu, tren harga cabai merah di Pasar Induk Tuntungan yang terbentuk itu dalam tren turun. (*)


(Medan)

Belum ada Komentar untuk "Naik Tajam di Awal Pekan, Harga Cabai Merah Terjun Bebas Jelang Akhir Pekan"

Posting Komentar

Kejuaraan Cabor Piala Wali Kota Medan Tahun 2022 Resmi Dibuka

Lensamedan -  Sebanyak sembilan Cabang Olahraga (Cabor) akan bertanding dalam kejuaraan yang memperebutkan Piala Wali Kota Medan tahun 2022....

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel