Angkut 2.607 Pemudik, KM Kelud Tiba di Terminal Penumpang Pelabuhan Belawan

Lensamedan - Angkut 2.607 pemudik, kapal milik PT Pelni yaitu Kapal Motor (KM) Kelud tiba di Terminal Pelabuhan Penumpang Belawan, Kecamatan Medan Belawan, Jumat (29/4/2022) siang, 29 April 2022.

Data yang diperoleh dari posko angkutan mudik lebaran 1443 Hijriyah, KM Kelud berlayar dari Tanjung Periok Jakarta, Batam, Tanjung Balai Karimun dan Pelabuhan Belawan, Kota Medan. 

Dimana, sebelumnya di Terminal Pelabuhan Penumpang Belawan yakni Terminal Bandar Deli pada Selasa 26 April 2022 lalu telah tiba pemudik berjumlah 2.297 orang. Sedangkan, pada  Minggu 24 April 2022 berjumlah 1.563 orang. 

Kepala PT Pelni Cabang Medan, Agus Nugroho mengatakan bahwa arus mudik tahun ini mengalami lonjakan penumpang lebih tinggi dibanding dua tahun sebelumnya, yang hampir tidak ada angkutan mudik akibat pandemi Covid -19. 

"Kemarin ada satu Kapal Dorolonda yang tiba pada tanggal 22 April. Untuk jadwal ada penambahan trayek yaitu ada sekitar 4 kali tambahan sejak H-15 hingga H+15," kata Agus.

Namun, lebaran tahun ini, jumlah pemudik juga tidak sebanyak tahun 2019, karena Kementerian Perhubungan tidak mengijinkan kapal mengangkut melebihi kapasitas kursi yang ada.

“Memang dibandingkan tahun 2019 tentu lebih banyak. Karena masih boleh ditambah dispensasi penumpang dari sheet yang terjual. kalau sekarang harus sesuai sheet,” jelas Agus.

Seorang penumpang asal Batam, Oki mengatakan bahwa dirinya memilih pulang mudik tahun ini karena baru bisa cuti dari pekerjaannya. Dia menyebutkan, pelayanan mudik selama di kapal sudah cukup baik.

“Kami pulang mudik bersama anak dan keluarga. Dapat waktu cuti tujuh hari lebaran di Medan. Kalau untuk pelayanan mudik selama di kapal sangat bagus. Gak perlu PCR atau antigen lagi karena sudah vaksin dosis tiga bagi dewasa dan anak - anak,” papar Oki.

Sementara itu, General Manager Pelabuhan Cabang Belawan Medan, Jonedi Ramli menyebutkan bahwa sudah diprediksi jika puncak arus mudik terjadi hari Jumat ini. Sedangkan untuk arus balik, KM Kelud akan kembali beroperasi dari Pelabuhan Belawan menuju Pelabuhan Tanjung Balai Karimun – Batam – dan Tanjung Priok pada 5 Mei mendatang.

“Guna mengantisipasi arus balik setelah lebaran, maka posko ini dilaksanakan pada 17 April hingga 18 Mei mendatang. Puncak mudik hari ini dan Minggu nanti. Penumpang diperkirakan hampir tiga kali lipat dari normal yang biasanya, dimana untuk hari ini 2.607 orang. Sedangkan untuk keberangkatan hari ini itu ada sekitar 800 orang,” sebut Jonedi.

Selama mudik lebaran tahun ini, pihak Terminal Pelabuhan Bandar Deli juga menyediakan layanan vaksin bekerjasama dengan Dinas Kesehatan. Selain itu, untuk mengantisipasi masuknya barang ilegal dan narkoba, pihak Terminal Pelabuhan bekerjasama dengan Bea Cukai. 

“Kita menyediakan bekerja sama dengan dinas kesehatan dan juga kita punya rumah sakit. Selain itu, di terminal ada menyediakan vaksin bagi penumpang yang belum di vaksin dan mau divaksin. Kita juga bekerja sama dengan pihak Bea Cukai untuk melakukan pengawasan terhadap barang yang masuk,” tandas Jonedi.

(Medan)

Belum ada Komentar untuk "Angkut 2.607 Pemudik, KM Kelud Tiba di Terminal Penumpang Pelabuhan Belawan"

Posting Komentar

Gernas BBI 2022 Diluncurkan, Presiden Joko Widodo Ajak Masyarakat Belanja Produk dan Wisata Dalam Negeri

Lensamedan -  Presiden RI Joko Widodo mengajak seluruh masyarakat untuk mencintai, membeli, menggunakan, dan bangga dengan produk-produk dal...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel