Waspadai Infeksi Kanker Serviks, Ny Maya Zahir Buka Gebyar IVA Test

Foto : Ny Maya Zahir buka gebyar IVA test. (Reza)

 

Lensamedan -

Ketua Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Kabupaten Batu Bara Ny Maya Indriasari Zahir membuka gebyar Inspeksi Visual dengan Asam Asetat (IVA) Test Kecamatan Sei Balai yang digelar di Puskesmas Desa Sei Balai, Kecamatan Sei Balai, Selasa (29/03/2022).

Hadir dalam kegiatan  tersebut Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Batu Bara, Korlap PLKB Kecamatan Sei Balai, Kepala Puskesmas Sei Balai, Seluruh Tim YKI Kabupaten Batu Bara, dan Seluruh Ibu-ibu Tim PKK Kabupaten Batu Bara.

IVA test adalah deteksi dini kanker serviks dengan sebuah metode. Metode ini dilakukan dengan mengoleskan asam asetat ke leher rahim, kemudian setelah itu dapat disimpulkan hasilnya apakah normal atau tidak, untuk memperoleh penanganan lebih lanjut.

Dalam sambutannya Ny. Maya Zahir menyampaikan pentingnya penanganan deteksi dini kanker serviks dan kanker payudara. Hal ini agar para Ibu tidak memandang remeh akan kanker tersebut.

"Penyakit ini wajib diwaspadai dan untuk ibu-ibu tidak perlu takut untuk memeriksakan dirinya. Karena metode IVA test ini selain gratis juga sangat mudah dilakukan," ungkap Ny Maya Zahir. 

Sesuai dengan SK Bupati Batu Bara Nomor 9 Tahun 2022, bahwa Kecamatan Sei Balai ditunjuk menjadi wilayah Percontohan IVA Test Tahun 2022.

Ny Maya Zahir berharap seluruh instansi terkait yang ada di Kecamatan Sei Balai, dapat bersinergi dan bekerjasama untuk mendukung program ini. 

Melalui Tim dari dinas kesehatan, Tim PKK Kecamatan, Tim puskesmas, serta seluruh bidan yang ada di desa, Ny Maya Zahir berharap sosialisasi IVA test dapat terus dilakukan. Sehingga masyarakat khususnya ibu-ibu dapat lebih dini mengetahui kesehatan rahimnya.

Meningkatkan peran serta seluruh elemen masyarakat dalam sosialisasi Gebyar IVA Test, dilakukan guna terus meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat Kabupaten Batu Bara yang sejalan dengan Misi Bupati Zahir.

Reporter : Reza

 

Belum ada Komentar untuk "Waspadai Infeksi Kanker Serviks, Ny Maya Zahir Buka Gebyar IVA Test"

Posting Komentar

Wujudkan Kepala Sekolah Berkompeten, Dinas Pendidikan Medan Gelar Assessment Bagi Calon Kepsek

Lensamedan - Guna mewujudkan Kepala Sekolah yang berkompeten, Pemko Medan melalui Dinas Pendidikan Kota Medan menggelar Assessment bagi calo...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel