Pemuda Memiliki Peran Penting Melaksanakan Program Pembangunan di Desanya


Lensamedan - Pemuda memiliki peran dalam melaksanakan program pembangunan di desanya. Sehingga perlu kiranya pendampingan terhadap pemberdayaan pemuda oleh pemerintah dan masyarakat setempat untuk memperkuat peran mereka. Inilah topik yang diangkat oleh Yayasan Fajar Sejahtera Indonesia pada mini talkshow Agro Expo Go You Lead di Desa Denai Lama, Deliserdang, Kamis (10/2). 

Salah seorang pembicara dari Universitas Sumatera Utara (USU), Agus Suriadi S. Sos, M. Si mengatakan bahwa pemuda sangat berperan penting dalam melaksanakan program pembangunan di desanya.

"Pemberdayaan pemuda bukanlah hal yang gampang, mengingat karakter mereka suka naik turun. Sehingga perlu bimbingan dan sampingan yang mumpuni untuk mereka," katanya. 

Kegiatan Go You Lead menumbuhkan minat dan bakat dalam mengembangkan pertanian. Ini salah satu poin yang harus diapresiasi karena menumbuhkan minat kepada pemuda memiliki proses yang panjang. 

"Data empiris yang dilakukan akademisi, minim minat pemuda dibidang pertanian. Di mana-mana kasusnya sama, kita mendampingi 30 orang, maka yang terlihat aktif hanya setengahnya. Nah, dinamika kelompok juga menjadi bagian bagaimana semangat mereka ini naik turun," ucap Agus. 

Sementara itu, peserta Go You Lead, Khairul Arifin yang juga terpilih sebagai 10 peserta terbaik, menambahkan ia tertarik mengikuti kegiatan ini karena ingin menambah pengalaman. 

"Banyak teman-teman yang memilih bidang lain, tapi saya merasa ada peluang dan juga minat di bidang ini. Kami juga diajari banyak hal, selama 3 bulan. Tidak melulu tentang pertanian, kami belajar tentang dinamika kelompok, ada fotografi juga yang diberikan dari YAFSI," Tutur Khairul. 

Program ini merupakan salah satu peran YAFSI turut serta mewujudkan Generasi Muda Pertanian yang berkarakter dan berdaya saing dengan dukungan Corporate Social Responsibility (CSR) PT Corteva Agriscience Manufacturing Indonesia tahun 2021.

Belum ada Komentar untuk "Pemuda Memiliki Peran Penting Melaksanakan Program Pembangunan di Desanya"

Posting Komentar

Wagub Ijeck Sebut Jambore Nasional FEVCI di Danau Toba Bisa Bangkitkan Sport Tourism di Sumut

Lensamedan - Menyambut baik acara Jambore Nasional Komunitas Ford Everest Club Indonesia (FEVCI), Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sum...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel