KPU Medan Gelar Pelatihan Kader Kelurahan Peduli Pemilu dan Pemilihan di Kantor Lurah Kampung Baru


Lensamedan - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Medan menggelar pelatihan kader Kelurahan Peduli Pemilu dan Pemilihan di Kantor Lurah Kampung Baru, Kecamatan Medan Maimun, Medan selama dua hari sejak tanggal 22-23 November 2021.

Hadir sebagai pembicara, Dekan Fakultas Hukum UMSU, Dr Faisal, SH MHum yang menyampaikan materi modus operandi politik SARA dan solusinya pada kegiatan pelatihan kader Kelurahan Peduli Pemilu dan Pemilihan Kota Medan tahun 2021.

Faisal menyampaikan bahwa pelaku politisasi SARA sesungguhnya tidak hanya dilakukan oleh satu komunitas agama dan etnis saja, melainkan hampir semua komunitas etnis dan agama.

"Modus operandinya pun beragam. Bisa dengan cara kampanye memperbandingkan latar belakang suku dan RAS bahkan agama kontestan yang ada dalam sebuah pertemuan, dan bisa juga lewat indoktrinasi di rumah-rumah ibadah," ujarnya, Rabu (24/11/2021).

Dikatakannya, memang pada beberapa kelompok terdapat kepercayaan untuk memilih pemimpin dari kaumnya, namun jika memaksakan yang terpilih dari kelompok dan komunitasnya meskipun disadari tidak akan berdampak pada perubahan adalah sesuatu yang keliru dan tidak cocok dengan prinsip bhinneka tunggal ika.

Selain itu, bahkan akan sangat mengganggu kesinambungan dari sistem negara demokrasi yang telah lama dibangun di Indonesia.

"Oleh karena itu, kita selaku anak bangsa yang hidup beratapkan satu langit yakni indonesia harus mulai membangun komitmen dalam diri masing-masing bahwa kepentingan keindonesiaan adalah kepentingan yang lebih besar. Tapi ingat, komitmen itu tidak hanya untuk satu kelompok saja, melainkan seluruhnya," ucapnya.

Jika sudah demikian, maka yakinlah, kata Faisal, kedepan kualitas demokrasi akan jauh lebih baik yang berimbas kepada perubahan. (*)


(Medan) 

Belum ada Komentar untuk "KPU Medan Gelar Pelatihan Kader Kelurahan Peduli Pemilu dan Pemilihan di Kantor Lurah Kampung Baru"

Posting Komentar

Jerman Ingin Perkuat Kerjasama Lingkungan dan Kebersihan dengan Pemko Medan

LensaMedan - Sejumlah hal yang memungkinkan untuk dikerjasamakan antara Pemko Medan dan Pemerintah Jerman, terutama masalah lingkungan dan k...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel