Sumut Masih Berpotensi Dilanda Hujan


Lensamedan - Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) Wilayah I Medan memprediksi Provinsi Sumatera Utara (Sumut) akan dilanda cuaca hujan hingga akhir pekan ini. Hujan yang akan terjadi kategori sedang hingga lebat.

Koordinator Bidang Data dan Informasi BMKG Wilayah I Medan, Eridawati mengatakan, cuaca hujan terjadi disebabkan angin di wilayah Sumut umumnya bertiup dari arah barat laut hingga tenggara.

“Potensi gangguan cuaca berupa di sirkulasi Eddy masih terjadi di Samudera Hindia Barat Sumatera. Selain itu, terdapat belokan angin di wilayah Sumut khususnya wilayah lereng timur, pantai timur, lereng barat, pantai barat, dan pegunungan,” ujar Eridawati di Medan, Rabu (20/10/2021).

Kondisi tersebut menurutnya dapat menyebabkan aktivitas pertumbuhan awan cukup tinggi, sehingga masih memicu terjadinya hujan dengan intensitas sedang hingga lebat.

Suhu muka laut di sekitar wilayah Sumut masih hangat berkisar antara 29-31 derajat celsius, dengan anomali +1 derajat +3 derajat celsius. Hal tersebut mengindikasikan adanya supply uap air yang cukup tinggi di wilayah perairan tersebut, yang mendukung pertumbuhan awan-awan hujan di wilayah Sumut.

"Kemudian, dipole mode indeks bernilai negatif yang artinya suplai uap air di wilayah Samudera Hindia ke wilayah Indonesia bagian barat signifikan (aktivitas pembentukan awan di wilayah Indonesia bagian barat signifikan)," jelasnya.

Dilanjutkannya, kelembaban udara di Sumut cukup tinggi memasuki dasarian III Oktober yaitu mencapai 90%. Kondisi tersebut cukup mendukung potensi munculnya awan-awan hujan di Sumut.

"Proses konveksi (pembentukan awan) skala lokal masih cukup intensif mendukung pembentukan awan-awan hujan di Sumut, yang berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat," pungkasnya. (*)


(Medan) 

Belum ada Komentar untuk "Sumut Masih Berpotensi Dilanda Hujan "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel