Asrama Haji Medan Bakal Digunakan untuk Karantina Pekerja Migran

Lensamedan-Asrama Haji Medan yang beberapa bulan terakhir menjadi tempat isolasi terpusat (Isoter), akan dialihkan untuk menampung para Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang datang dari luar negeri. Hal ini setelah para relawan Covid-19 dikembalikan ke tempat mereka bekerja semula, dalam acara pelepasan di Asrama Haji Medan Jalan AH Nasution Medan, Jumat (8/10).

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumatera Utara (Sumut) Ismail Lubis mengatakan lokasi yang sejak kemarin tidak lagi digunakan untuk Isoter, segera dipersiapkan menjadi tempat karantina bagi PMI. Sehingga, saat tiba di Bandara Internasional Kualanamu, pekerja dimaksud akan dibawa ke Asrama Haji  guna menjalani isolasi sebelum dipulangkan, guna mengantisipasi penyebaran Covid-19.

“Kita menunggu bagaimana petunjuk dari Pemerintah Pusat. Untuk tenaga kesehatannya, akan disiapkan sedemikian rupa. Karena sebelumnya tempat ini sudah digunakan sebagai lokasi isolasi bagi pasien Covid-19,” kata Ismail.

Untuk kebutuhan biaya tenaga kesehatan di lokasi isolasi, kata Ismail, akan ditanggung oleh pemerintah pusat. Termasuk prioritas penggunaan gedung milik pemerintah. Dengan begitu, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut melalui Satgas Covid-19 akan mempersiapkan tenaga kesehatan, bersama dengan tenaga jaga, serta lainnya.

Sebelumnya, Kepala Dinkes Sumut Ismail Lubis melepas para relawan Covid-19 baik Nakes, tenaga jaga maupun petugas kebersihan yang selama ini bekerja di lokasi Isoter, Asrama Haji Medan. “Saya ucapkan terima kasih kepada para tenaga kesehatan dan petugas pendukung lainnya yang telah bekerja keras selama masa isolasi. Tetaplah menjadi pribadi yang melayani orang lain, dan kembali ke tempat tugas masing-masing,” sebut Ismail, yang kemudian memberikan piagam penghargaan kepada para petugas di tempat Isoter, Komplek Asrama Haji Medan.

Sementara dari Tim Satgas Covid-19 Sumut, Restuti Handayani Saragih menyampaikan bahwa sampai saat ini pihaknya terus berupaya memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat, khususnya yang terkonfirmasi Covid-19. Para petugas yang bekerja di lokasi, memang dipersiapkan untuk menangani pasien yang datang dari berbagai tempat. 

(Medan)

Belum ada Komentar untuk "Asrama Haji Medan Bakal Digunakan untuk Karantina Pekerja Migran"

Posting Komentar

Bersama Mahasiswa Magang, Lapas Medan Tingkatkan Program Rehabilitas Sosial Bagi WBP

LensaMedan - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Medan terus berupaya meningkatkan program rehabilitasi di Lapas Kelas I Medan. Kali ini,...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel