BPS Provinsi Sumut Tambah 3 Daerah untuk Laksanakan Survei Harga Konsumen


Lensamedan - Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) akan menambah daerah pelaksanaan survei harga konsumen  untuk menghitung inflasi. 

“Untuk kali ini,penambahan dari  kabupaten,” ujar Kepala BPS Provinsi Sumut Syech Suhaimi dalam kegiatan Workshop Wartawan yang digelar di Thongs Inn, Selasa (28/9/2021). 

Syech mengatakan, ada 3 kabupaten yang akan mulai dihitung tingkat inflasinya di akhir tahun 2021, yakni Kabupaten Deliserdang, Labuhanbatu dan juga Karo. 

“3 kabupaten ini dipilih karena dinilai mewakili daerah lain di sekitarnya,” sebut Syech. 

Koordinator Fungsi  Statistik Distribusi Dinar Butarbutar menambahkan, Kabupaten Deliserdang dipilih karena mewakili hampir semua sub sektor pertanian, sementara Kabupaten Labuhanbatu dipilih untuk mewakili perkebunan, baik perkebunan besar mau pun perkebunan rakyat. 

“Sedangkan Kabupaten Karo dipilih karena merupakan penghasil hortikultura,” sebut Dinar. 

Ditambahkan Dinar, ketiga kabupaten ini nantinya akan menggambarkan kondisi di pedesaan  sehingga nanti sampel dalam kuisoner tidak akan menggambarkan kondisi perkotaan.  Jadi 3 kabupaten ini kelak tidak akan menggambarkan inflasi di kabupaten itu.

“Karena mereka hanya menjadi sampel untuk menggambarkan inflasi Provinsi Sumut,” tambahnya. 

Saat ini ada 5 kota di Sumut yang masuk ke dalam daftar kota IHK di Sumut, yakni Medan, Pematangsiantar,Sibolga,Padangsidimpuan dan Gunung Sitoli. (*)



(Deliserdang) 



 

Belum ada Komentar untuk " BPS Provinsi Sumut Tambah 3 Daerah untuk Laksanakan Survei Harga Konsumen"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel