50 Pasien RSJ Prof M Ildrem Ikut Program Vaksinasi Covid-19


Lensamedan -  Sebanyak 50 Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) yang dirawat di RSJ Prof M Ildrem mendapat suntikan vaksin, Selasa (29/6/2021) di Ruang Pertemuan Erikson.

Saat ini, terdapat 300 orang ODGJ yang dirawat di Rumah Sakit Jiwa milik Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Sumut) yang berada di Jalan Tali  air Kecamatan Medan Tuntungan ini.

Direktur Utama (Dirut) ODGJ RSJ ProfDR M Ildrem, Ria Novida Telaumbanua M.Kes menyatakan bahwa pelaksanaan vaksin ODGJ ini merupakan tahap pertama karena disesuaikan dengan ketersediaan vaksin yang ada.

"Kita tidak bisa melakukan serentak karena sesuai ketersediaan vaksin, dan sebelum mereka kita vaksin  Kita lakukan pemeriksan terlebih dahulu (screening). Bagi kesehatannya layak maka kita akan lakukan vaksin," ujar Ria didampingi Wakil Direktur dr. Lisni Elysah SpKK Finsdv.

Ria Novida Telaumbanua mengatakan, sebelum melakukan vaksin, pihak rumah sakit menyampaikan pemberitahuan kepada keluarga pasien ODGJ ini untuk mengantisipasi agar keluarga pasien mengetahui dan memberikan izin.

"Kita juga harus mendapatkan izin dari keluarganya karena  kita tau efek dari vaksin ini sehingga kita antisipasi sembari kita berdoa agar tidak terjadi sesuatu," katanya.

Proses vaksinasi berjalan lancar dan tidak ada kendala. Hal ini terlihat pada proses pelaksanaan para ODGJ tampak tenang saat mendapatkan suntikan.

Tidak ada yang menolak bahkan mereka tampak seperti sudah tau pentingnya suntikan vaksin yang diberikan kepada mereka.

"Kewajiban kita juga untuk menolong mereka mendapatkan vaksin. Dan sejauh ini tidak ada yang menolak, karena sebelumnya sudah disosialisasikan apalagi para ODGJ yang dirawat ini sudah pada tahap masa kesembuhan," pungkasnya. (*)

 

(Medan)

Belum ada Komentar untuk "50 Pasien RSJ Prof M Ildrem Ikut Program Vaksinasi Covid-19 "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel