Gubsu Edy : Rumah Sakit di Sumut Masih Mampu Tangani Pasien Covid-19

Lensamedan- Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi menepis tudingan kalau rumah sakit (RS) di Sumut kewalahan menghadapi lonjakan pasien Covid-19 di Sumut.

Menurutnya, saat ini  baru 50%  RS baik milik pemerintah mau pun  swasta di Sumut yang menangani Covid-19. Artinya, masih ada 50% lagi yang belum dilibatkan dalam penanganan Covid-19 di Sumut.

Saat ini, muncul kabar kalau rumah sakit-rumah sakit rujukan Covid-19 sudah penuh.

"Baru 50% RS di Sumut yang terpakai menangani Covid-19. Jadi masih ada 50% lagi RS yang belum menangani Covid-19," kata Edy menjawab wartawan, di Rumah Dinas Gubsu, di Jalan Sudirman nomor 41 Medan,  Kamis (6/5/21).

Menurut Edy, anggapan bahwa rumah sakit di Sumut penuh ini dikarenakan salah satu RS rujukan yakni RS Martha Friska sudah tidak menjadi rujukan pasien Covid-19. Terlebih lagi, saat ini angka Covid-19 di Sumut memang meningkat.

Namun ia menegaskan, bahwa Pemerintah Provinsi Sumatera Utara tentunya punya rencana-rencana kerja dalam penanganan Covid-19. Karenanya, masyarakat diimbau tidak panik.

"Tidak ada istilah sanggup tidak sanggup. Kita punya plan A plan B plan C. Apabila meningkat, ini akan begini. Tak boleh orang putus asa," tegasnya. 

Edy memastikan, saat ini RS yang masih menjalin kerja sama dengan Pemprov Sumut masih berjalan sesuai prosedur dan tupoksi.

"Martha Friska dipakai karena kita butuh di awal-awal, sementara RS yang lain belum siap. Sesuai prosedurnya, sesuai tupoksinya, RS saat ini sudah berjalan. Biarkan dia berjalan, dan jangan diprovokasi. Ini kesehatan ini," tutupnya. (*)

 

 

(Medan)

 

 

 

Belum ada Komentar untuk "Gubsu Edy : Rumah Sakit di Sumut Masih Mampu Tangani Pasien Covid-19"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel