Dipindahkan dari LhokSeumawe, 36 Orang Pengungsi Rohingya Tiba di Medan

Lensamedan- Kota Medan kembali menjadi daerah tujuan penampungan pengungsi. Kali ini, sebanyak 36 orang  pengungsi Rohingya dipindahkan dari Lhokseumawe, Aceh.  Pengungsi yang datang menggunakan bus itu tiba Jumat (26/3/2021) sekitar pukul 06.00 WIB dan langsung ditempatkan pada penampungan sementara di Jalan Ikahi 1, Kelurahan Padang Bulan Selayang Satu, Kecamatan Medan Selayang.

Para pengungsi yang dipindahkan ini merupakan bagian dari pengungsi yang diselamatkan saat mengungsi lewat jalur laut pada 25 Juni 2020 dan 27 September 2020 lalu. Setelah enam bulan di Aceh, mereka kemudian dipindahkan ke Kota Medan.

"36 orang pengungsi ini terdiri dari 20 orang laki-laki dan 16 orang perempuan," kata Kordinator Program International Organization for Migration (IOM) Sonya Safitri kepada wartawan.

Sonya menjelaskan para pengungsi yang dipindahkan ini merupakan  kelompok rentan seperti anak tanpa orang tua, ibuyang sedang hamil, ibu yang tidak memiliki suami, penderita penyakit kronis dan perempuan rentan terhadap kekerasan berbasis gender. Pemindahan ini menurut Sonya menjadi bagian dari upaya untuk memberikan perlindungan kepada mereka termasuk dalam pemenuhan kebutuhan.

"Pemindahan mereka ini adalah bagian program untuk lebih memberikan perlindungan kepada pengungsi dan tempat tinggal yang lebih layak dan juga memberikan kebutuhan basic yang lebih layak. Ini keputusan pemerintah untuk membawa mereka ke tempat tempat yang sudah program terstruktur Pengungsi lintas batas ini," pungkasnya.

Dengan penambahan ini, maka  total sudah ada 1.776 pengungsi dari berbagai negara yang ditampung sementara di Kota Medan. (*) 



(Medan) 

 

Belum ada Komentar untuk "Dipindahkan dari LhokSeumawe, 36 Orang Pengungsi Rohingya Tiba di Medan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel