Yayasan Amanah Hamba Allah dan Mahasiswa Kesejahteraan Sosial USU Salurkan Donasi Uang dan Alquran ke Gubuk Belajar Az Izzah

Lensamedan- Kegiatan Mahasiswa Praktek Kerja Lapangan(PKL) 2 Program Studi Kesejahteraan Sosial USU yang dilakukan oleh Pratikan Muhammad Diki Alfiqhi dengan supervisor sekolah  oleh ibu Dra.Tuti Atikah,MSP melalui Yayasan Amanah Hamba Allah (AHA) menyalurkan bantuan uang tunai dari hasil pengumpulan donasi yang dilakukan selama beberapa hari. Pengumpulan donasi ini bertujuan untuk meningkatkan fasilitas belajar dan mengajar di lembaga pendidikan non Formal Gubuk Belajar Az – Izzah yang berada di kawasan pesisir Kampung Kolam kelurahan Belawan Bahagia kecamatan Medan Belawan Kota Medan.

Bantuan diserahkan langsung oleh Ketua yayasan AHA Indra Adyatya Pranata kepada pengurus gubuk Belajar Az Izzah di awal Januari lalu.

”Alhamdulillah telah kita salurkan donasi yang dikumpulkan dari para donatur yang telah mengamanahkannya kepada yayasan AHA untuk menyalurkannya langsung ke saudara-saudara kita di Gubuk Belajar Az Izzah Medan Belawan ini”ujar Indra Adyatya Pranata dalam keterangan tertulis, Senin (11/1/2021).

Lebih lanjut pria yang akrab disapa Adit ini menjelaskan, dipilihnya Gubuk Belajar Az-Izzah ini  sebagai target sasaran penyaluran karena sebelumnya sudah dilakukannya assessment dengan cara survei lapangan dan observasi secara wawancara langsung kepada pihak Gubuk Az-Izzah terlebih dahulu oleh praktikan yang juga Mahasiswa IKS FISIP USU sebelum melakukan kegiatan inti di lembaga pendidikn non-formal ini dan benar didapati masih kurangnya alat-alat pembelajaran untuk proses kegiatan belajar mengajar (KBM). Dan juga masih banyak membutuhkan Al-Quran, sebab Al-Quran banyak yang terbawa banjir serta sudah tidak layak pakai karena robek dan rapuh terkena banjir rob dan melihat kondisi keadaan Gubuk Belajar Az-Izzah ini sangat butuh perhatian khusus dari kita semua, hal tersebut  karena anak-anak didik di Gubuk Az-Izzah memiliki potensi di bidang Al-Quran.

“Dengan adanya program penyaluran uang tunai dari para donatur ini, mudah-mudahan anak-anak di gubuk belajar dapat memacu potensi mereka di bidang Al-Quran, karena itu adalah pedoman dan kandungannya tiada keraguan sekalipun, dan juga anak-anak harus lebih semangat agar bisa menjadi hafidz-hafidz Al-Quran yang mencetak prestasi dari Gubuk Belajar ini baik di tingkat regional maupun nasional,” kata Adit.

Salah satu pengurus Gubuk Belajar mengungkapkan kebahagiaanya atas apa yang telah diberikan oleh para donatur sahabat AHA "Alhamdulillah saya sangat bersyukur yang sebesar-besarnya kepada Allah SWT dan berterimakasih juga kepada Yayasan AHA dan para donatur yang telah memberikan sebagian rezekinya kepada kami, semoga apa yang diberikan kepada kami cukup Allah lah yang membalasnya dan juga akan dipergunakan sebaik-baiknya untuk membuat gubuk belajar kami ini lebih nyaman kedepannya" ungkap salah satu pengurus Gubuk Belajar Az-Izzah.

Sementara itu, salah satu tim relawan pengajar gubuk Az-Izzah, Rizky mengatakan,daerah lokasi gubuk Az-Izzah berada kerap sekali terkena banjir rob (pasang air laut) dan itu sudah terjadi beberapa bulan ini yang membuat lantai tempat anak-anak belajar terendam dan lapuk oleh banjir rob. Padahal di tahun-tahun sebelumnya, lokasi tersebut tidak pernah banjir sampai ke lantai gubuk belajar. Untuk itu rencananya, setelah mendapatkan bantuan donasi ini pihaknya akan memperbaiki beberapa lantai gubuk yang mulai rapuh dan juga akan mulai membangun  akses jalan langsung dari jalan utama karena selama ini harus memutar dahulu melewati rumah-rumah warga lainnya agar bisa sampai ke Gubuk Belajar Az-Izzah.  

“Sekarang ini jalannya memutar,dan insya Allah uang yang diberikan kepada kami akan kami bangun langsung dan ke depannya bisa  menjadi akses anak-anak untuk lebih dekat dan tidak harus memutar lagi,” kata Rizky.

Seperti diketahui Praktek Kerja Lapangan PKL oleh Program Studi Kesejahteraan Sosial bekerja sama dengan Yayasan Amanah Hamba Allah (AHA) sebagai bukti nyata mahasiswa terjun langsung kelapangan sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat dengan mengaplikasikan langsung ilmu-ilmu terapan yang sudah mahasiswa dapatkan di perguruan tinggi dan juga sebagai implementasi program Merdeka Belajar dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang memang digencarkan oleh Pemerintah Pusat di era sekarang ini.

 

 

(Medan)

 

 

Belum ada Komentar untuk "Yayasan Amanah Hamba Allah dan Mahasiswa Kesejahteraan Sosial USU Salurkan Donasi Uang dan Alquran ke Gubuk Belajar Az Izzah "

Posting Komentar

BTN Catat Kinerja Kuartal I/2024, Penyaluran Kredit dan Pembiayaan Tembus Hingga Rp344,2 Triliun

LensaMedan - Strategi PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) untuk fokus mengembangkan segmen high yield dan komersial mulai membuahkan...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel