Rayakan Ulang Tahun ke 48,  PDIP Gelar Hening Cipta dan Doa untuk Sriwijaya Air

Lensamedan- Perayaan ulang tahun Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP)  ke-48 tahun diisi dengan berbagai kegiatan. Pada perayaan hari jadi partai berlambang banteng tersebut, Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP Sumatera Utara (Sumut) melakukan syukuran dengan memotong dan membagikan 48 tumpeng ke masyarakat. 

Sekretaris DPD PDIP Sumut, Soetarto mengatakan, acara potong sekaligus pembagian tumpeng tersebut merupakan bentuk rasa syukur kepada Tuhan. 

"Di tengah kondisi pandemi ini, PDIP merayakan hari ulang tahun dengan berbagi tumpeng kepada masyarakat. Terutama saudara-saudara fakir miskin, panti asuhan, tuna wisma dan kaum marjinal lainnya," ujar Soetarto di kantor DPD PDI Perjuangan Sumut, Minggu (10/1/2020).

Hadir pada acara tersebut para fungsionaris DPD PDIP Sumut, tokoh dan senior partai, mantan wakil gubernur Lundu Panjaitan, mantan Gubernur Syamsul Arifin yang juga ketua PB Masyarakat Adat dan Budaya Melayu Indonesia (MABMI) dan undangan lainnya.

Sebelum memulai sambutannya, Soetarto juga mengajak seluruh undangan untuk mendoakan dan hening cipta sejenak bagi korban Sriwijaya Air  (SJ-182).

"Kita juga turut  berbelasungkawa atas kejadian hilangnya pesawat Sriwijaya Air (SJ-182) di tengah situasi pandemi seperti ini," kata Soetarto.

Soetarto mengatakan, langkah PDIP Sumut juga diikuti oleh seluruh Dewan Pimpinan Cabang (DPC) partai yang ada se-Sumatera Utara. 

"Seluruhnya ada 33 DPC di 33 Kabupaten/Kota seluruh Sumatera Utara yang akan memotong 48 tumpeng dan membagikannya kepada masyarakat," jelasnya. 

Menurut Soetarto, tumpeng merupakan satu di antara kekayaan budaya yang ada di nusantara. 

"Ini sesuai tema dari perayaan HUT, yaitu  Indonesia berkepribadian dalam bidang kebudayaan," jelasnya. 

Dikatakannya, langkah pemotongan tumpeng itu dilakukan seluruh jajaran partai berlambang banteng tersebut, di seluruh Indonesia. 

"Pemotongan dan pembagian tumpeng secara serentak ini juga ingin memecahkan rekor MURI pemotongan dan pembagian tumpeng terbanyak se-Indonesia," jelasnya. 

Pihaknya, kata Soetarto, juga telah memberikan penghargaan kepada para senior partai, tokoh partai yang dinilai memegang teguh Pancasila, UUD 1945, hingga garis perjuangan partai. 

"Kita telah menyerahkan seluruh penghargaan kepada para senior dan tokoh partai yang dinilai berjasa demi kebesaran partai," imbuhnya.

Pada kesempatan itu, Ketua PB MABMI Syamsul Arifin mengucapkan terima kasih untuk penghargaan yang diberikan kepada MABMI selaku organisasi budaya. 

"Ini menunjukkan PDI Perjuangan memang konsisten sebagai 'rumah' semua suku bangsa dan budaya," kata Syamsul yang hadir dengan mengenakan pakaian khas Melayu.

Puncak perayaan ulang tahun diisi dengan mendengarkan pidato Ketua Umum Megawati Sukarnoputri dan Presiden Joko Widodo.

Sebelummya Dewan Pimpinan Cabang (DPC) partai juga telah melakukan penghijauan di bantaran sungai dan kawasan mangrove.


(Medan)
 

Belum ada Komentar untuk "Rayakan Ulang Tahun ke 48,  PDIP Gelar Hening Cipta dan Doa untuk Sriwijaya Air "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel