Harimau Sumatera Datang Lagi, Dua Ekor Lembu Milik Warga Lau Damak Dimangsa

 

Lensamedan- Konflik antara masyarakat Desa Lau Damak Kecamatan Bahorok Kabupaten Langkat dengan Harimau Sumatera masih terus terjadi. Catatan yang dimiliki Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Sumatera Utara (Sumut) menyebutkan, setidaknya ada 6 kasus konflik  yang terjadi sejak Mei 2020 hingga saat ini.

Kepala Seksi BBKSDA Wilayah I Stabat Herbert Aritonang mengatakan, konflik terakhir terjadi Rabu (6/1/2021) dimana dua ekor lembu menjadi korban mangsa Harimau Sumatera.

“Lokasi lembu yang dimangsa itu hanya berjarak 800 meter dari lokasi satwa yang dimangsa pada 25 Desember 2020 lalu. Sementara dari kawasan TNGL, berjarak sekitar 1 kilometer,” ujar Herbert Aritonang saat memberikan keterangan kepada wartawan di kantor BBKSDA Sumut, di Jalan Sisingamangaraja Medan, Kamis (7/1/2021).

Dikatakannya,  hingga saat ini pihaknya bersama Balai Besar Taman Nasional Gunung Leuser (BBTNGL) dan mitra melakukan mitigasi dengan memberikan sosialisasi  kepada masyarakat terkait teknik pengamanan. Pada kejadian sebelumnya, BBKSDA melakukan pemusnahan bangkai lembu yang tersisa sebagai cara menunjukkan dominasi ke satwa liar itu.

“Hanya saja teknik ini ternyata bertentangan dengan kepercayaan masyarakat, yang cenderung memilih membiarkan bangkai hewan itu dimangsa hingga habis dengan tujuan menghilangkan kemarahan Harimau Sumatera itu,” kata Herbert.

Herbert menjelaskan, untuk mencegah konflik yang berkepanjangan antara masyarakat dengan satwa liar, pihaknya sudah mendorong warga untuk mengkandangkan ternaknya pada saat malam hari.

“Bahkan kami sudah membangun tiga kandang berukuran cukup besar  sesuai dengan permintaan warga,”  

Dari lokasi dan waktu kejadian yang berdekatan lanjut Herbert, pihaknya menduga kuat Harimau Sumatera yang memangsa masih merupakan harimau yang sama.

“Walau kita belum melihat hasil kamera jebakan yang terbaru, tetapi kuat dugaan pelaku masih satwa yang sama,” tambahnya.

Untuk memantau pergerakan Harimau Sumatera, BBKSDA bersama mitra LSM, WCS dan YAHUA kembali memasang kamera jebak (camera trap) sebanyak 4 unit di sekitar lokasi.

 

 

(Medan)


Belum ada Komentar untuk "Harimau Sumatera Datang Lagi, Dua Ekor Lembu Milik Warga Lau Damak Dimangsa "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel