Banyak Tantangan, Jangan Patok Target Ekspor Terlalu Tinggi

Lensamedan- Eskpor Sumatera Utara (Sumut) di tahun 2021 mendatang diprediksi  memang bisa tumbuh lebih baik walau angkanya sulit diperkirakan. Hal ini didasarkan kepada mulai adanya pemulihan ekonomi di sejumlah negara besar khususnya China dan AS. Namun tantangan kedepan juga tidak kalah sulit. Ada sejumlah masalah mendasar seperti bagaimana kemungkinan nantinya hubungan dagang antara AS dengan China.

“Di pemerintahan Joe Biden nantinya, bisa saja perang dagang berlanjut. Ini bisa memperburuk ekspektasi kinerja ekspor. Sekalipun sejauh ini kita melihat adanya pemulihan ekonomi global pasca pandemi covid 19, meskipun banyak negara yang tengah berada dalam resesi. Akan tetapi saya mengkhawatirkan adanya perlambatan kinerja ekonomi global yang lagi-lagi bisa memperburuk kinerja ekspor tanah air,” ujar pemerhati ekonomi Sumatera Utara (Sumut) Gunawan Benjamin di Medan, Selasa (29/12/2020).

Memang belakangan kata Gunawan,  beberapa komoditas ekspor Sumut  seperti CPO mengalami kenaikan harga, termasuk batu bara yang juga mengalami kenaikan. Ada harapan akan adanya pemulihan kinerja ekspor yang bisa dihitung dengan cara nominal karena kenaikan harga.

Akan tetapi mutasi corona yang lebih ganas ini bisa membuat banyak negara mengambil langkah karantina wilayahnya. Ini bisa menghambat kinerja ekspor nantinya. Sementara itu, hubungan dagang antara AS dan China yang sepertinya belum akan membaik juga menjadi masalah mendasar yang bisa menekan kinerja ekspor.

Jika tidak terjadi karantina wilayah yang seburuk saat pandemi mulai terjadi, ada hubungan yang membaik antara AS dengan China, penyebaran corona terkendali, maka kondisi tersebut akan membuat kinerja ekspor di tahun depan pasti akan mengalami pemulihan. Namun, itu masih sebatas harapan.

“Jadi memang ekspor kita masih akan mengalami tekanan sekalipun kinerjanya berpeluang akan lebih baik di tahun 2021 mendatang. Sebagai catatan, jangan terlalu mematok target ekspor yang tidak masuk akal. Karena banyak variabel yang sulit diprediksikan dan bisa membuat kinerja ekspor tidak sebaik yang diharapkan,” tutupnya. (red)

 

 (Medan)

Belum ada Komentar untuk "Banyak Tantangan, Jangan Patok Target Ekspor Terlalu Tinggi"

Posting Komentar

Bersama Mahasiswa Magang, Lapas Medan Tingkatkan Program Rehabilitas Sosial Bagi WBP

LensaMedan - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Medan terus berupaya meningkatkan program rehabilitasi di Lapas Kelas I Medan. Kali ini,...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel