Jelang Akhir Periode, Prof Runtung Berhasil Bawa USU Masuk QS Asia University Ranking

Lensamedan- Universitas Sumatera Utara (USU) akan kembali menambah  jumlah guru besar menjelang akhir tahun 2020. Dalam waktu dekat, pengukuhan akan dilakukan mengingat Surat Keputusan penetapan sudah diterima.

Rektor USU Profesor Runtung Sitepu mengatakan, sejak dilantik pada 21 Januari 20216 hingga saat ini, USU dibawah kepemimpinannya sudah mengukuhkan 43 orang Guru Besar dari berbagai bidang ilmu.

“Dengan demikian, target untuk memiliki 50 Guru Besar selama periode 2016-2021 akan mampu kami penuhi,” ujar Profesor Runtung Sitepu di Biro Rektor, Kamis (26/11/2020).

Profesor Runtung menyebutkan, tujuh calon  Guru Besar itu berasal dari Fakultas Kedokteran, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik , Fakultas Ilmu Budaya ,  dan Fakultas MIPA.

“Serta satu orang nantinya dari Fakultas Kehutanan atas nama Profesor Dr. Muhammad Basyuni. Dan ini menjadi guru besar pertama yang dimiliki  Fakultas Kehutanan USU,” kata Runtung Sitepu.

Selain menjadi guru besar pertama Fakultas Kehutanan, Dr. Muhammad Basyuni menurut Rektor  juga menduduki peringkat 14  dari 500 peneliti terbaik di Indonesia yang diumumkan Menristek/BRIN pada Mei lalu.

“Dr. Muhammad Basyuni ini memang sangat produktif,” kata  Rektor Runtung.

Di samping akan mencapai target  jumlah Guru Besar, USU  menurut Profesor Runtung juga berhasil menempatkan dua orang dosen dalam bagian 2 persen ilmuwan top di dunia yang berasal dari Indonesia. Kedua dosen yang masuk dalam top ilmuwan di dunia itu adalah Profesor Mahyudin KM Nasution dan Profesor Himsar Ambarita.

“Memang angka ini kecil yah dibandingkan perguruan tinggi negeri badan hukum lain di Indonesia, tetapi saya pikir ini sangat membanggakan kita,” tambahnya.

Selain itu, USU juga berhasil masuk ke dalam peringkat 501-550 dalam QS Asia University Ranking. Keberhasilan ini menurut Rektor akan menjadi jalan USU masuk ke dalam peringkat QS World University Ranking (WUR).

“Dengan masuknya USU ke dalam peringkat 501-550 QS Asia University Ranking ini,  tentu ini menjadi semacam tanda-tanda juga bahwa USU juga sedang bekerja untuk masuk ke dalam pemeringkatan WUR,” tutupnya. (Red)


(Medan)

 

Belum ada Komentar untuk "Jelang Akhir Periode, Prof Runtung Berhasil Bawa USU Masuk QS Asia University Ranking"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel