Pertumbuhan Ekonomi Sumut Triwulan III Diprediksi Minus 0,8 %

Lensamedan- Menteri Keuangan Sri Mulyani  menyatakan bahwa di kuartal ketiga ekonomi nasional mengalami kontraksi paling buruk minus 2.9%. Lebih buruk dari ekspektasi sejumlah ekonom, termasuk ekspektasi saya yang menghitung kalau nasional akan tumbuh negatif paling besar minus 2.6%. Dan bila berkaca kepada realisasi, besar kemungkinan kalau pertumbuhan ekonomi akan merealisasikan angka yang paling buruk nantinya.

Dengan demikian menurut pemerhati ekonomi Sumatera Utara (Sumut) Gunawan Benjamin, tanpa harus menunggu rilis data resmi oleh BPS nantinya, kita sudah bisa melihat bahwa ekonomi Indonesia sudah masuk dalam jurang resesi saat ini. Kita saat ini tengah berada di kuartal keempat, dimana kuartal keempat ini ekonomi terlihat masih lesu.

“Dan tentunya kita berharap bahwa kondisi ekonomi kita bisa pulih dengan segera. Dan diharapkan di kuartal 4 ini ekonomi bisa tumbuh positif. Meskipun, belum bisa dipastikan secara akurat, namun, kalau melihat tren perkembangan sejumlah lembaga yang mendown grade ekspektasi pertumbuhan ekonomi nasional, rasa-rasanya ekonomi kita masih belum bisa bangkit segera,” ujar Gunawan Benjamin di Medan, sabtu (24/10/2020).

Gunawan menyebutkan, masih ada banyak PR besar, salah satunya adalah masalah pada ekonomi global yang belum menunjukan adanya pemulihan signifikan. Jadi pada dasarnya kata Gunawan,  di kuartal keempat ini masih ada ketidakpastian yang bisa saja menghempaskan ekspektasi pemulihan atau ekonomi bisa tumbuh di atas 0% di kuartal ini.

Di sisi lain bilang Gunawan, jika berbicara Sumut, , berdasarkan hasil hitungannya, maka  Sumut akan terkontraksi paling besar minus 0.8%.

Lebih rendah dari rata-rata nasional yang disampaikan oleh Bu Sri Mulyani, sehingga Sumut berpeluang untuk tumbuh positif di kuartal keempat ini,’ bilangnya.

Sejauh ini masyarakat Sumut sudah mulai memasuki masa pemulihan. Artinya Sumut berpeluang tumbuh di atas 0% di kuartal keempat ini. Meskipun belum sepenuhnya bisa dipastikan demikian, akan tetapi ekspektasi ini didasarkan pada aktifitas ekonomi yang mulai menggeliat.

“Namun saya belum bisa memastikan berapa angka PDRB Sumut  tumbuh di kuartal ini. Kita lihat nanti ekspektasi di bulan depan,” pungkasnya. (Red)

 


(Medan)

 

Belum ada Komentar untuk "Pertumbuhan Ekonomi Sumut Triwulan III Diprediksi Minus 0,8 %"

Posting Komentar

Hingga Maret 2024, Realisasi Pembiayaan Turun Drastis Dibanding Tahun Lalu

Lensamedan – Menteri Keuangan Sri Mulyani menyampaikan, hingga akhir Maret 2024  realisasi pembiayaan terealisasi Rp104,7 triliun. Realisasi...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel