Dapat Dukungan Universitas, Sudah Ada 1.058 Mahasiswa USU yang Berwirausaha

Lensamedan- Universitas Sumatera Utara (USU) terus berupa meningkatkan jiwa kewirausahaan bagi mahasiswa. ‎Sejauh ini, keberhasilan pendidikan kewirausahaan sudah terlihat dari adanya peningkatan setiap tahunnya. Di tahun 2020 ini, telah mencapai 1.058 orang. 

Rektor USU, Prof.Runtung Sitepu mengatakan, pendidikan kewirausahaan adalah merupakan bagian dari kurikulum pendidikan program studi. Pendidikan ekstrakurikuler kewirausahaan dilakukan melalui Student Entrepeneurship Center (SEC) dan unit ekstrakurikuler kewirausahaan lainnya di tingkat fakultas.

"Pendidikan ekstrakurikuler kewirausahaan tidak hanya memberikan pengajaran kewirausahaan tetapi juga bantuan modal usaha dan pembimbingan usaha pemula," ujar  Runtung Sitepu, Rabu (21/10/2020).

Runtung mengatakan, USU berkomitmen untuk mempersiapkan lulusan yang mampu menciptakan lapangan pekerjaan dan bukan hanya mencari pekerjaan saja. Dengan itu, alumni USU di tengah masyarakat dapat mendorong pertumbuhan ekonomi disekitarnya.

"Salah satu usaha untuk mempersiapkan lulusan yang mampu menciptakan lapangan pekerjaan adalah dengan memberikan pendidikan kewirausahaan baik di dalam kelas maupun di luar kelas," kata Runtung.

 

Sebagai sebuah institusi pendidikan tinggi, USU memperoleh akreditasi A  pada tahun 2018. Selain akreditasi institusi, USU terus berupaya keras untuk meningkatkan pencapaian akreditasi A (unggul) untuk setiap Prodi dengan total berjumlah 156 Prodi yang dimiliki USU.

"Sampai dengan September 2020, 96% dari total 156 program studi telah mendapatkan status akreditasi A dan B. Di mana yang terakreditasi A (69 Prodi) dan terakreditasi B (81 Prodi). Sedangkan 4% lagi masih perlu ditingkatkan akreditasinya karena masih berakreditasi C (sebanyak 3 Prodi) dan belum terakreditasi (sebanyak 3 Prodi)," terangnya.

Selanjutnya, Runtung menjelaskan bahwa langkah yang ditempuh untuk memperbaiki akreditasi Prodi ini adalah dengan memandu secara terpusat proses reakreditasi Prodi yang membutuhkan pendampingan lebih lanjut.

"Selain itu, bagi Prodi yang belum diakreditasi telah dibentuk tim percepatan akreditasi Prodi tersebut. Perkembangan jumlah Prodi terakreditasi A dalam 5 tahun terakhir," sebut Runtung.

Runtung menambahkan Persentase capaian Prodi Terakreditasi A pada 15 Fakultas dan 1 Sekolah Pascasarjana untuk tahun 2020.

"Sedangkan perkembangan perolehan nilai akreditasi secara keseluruhan selama 5 tahun terakhir," pungkasnya.

 

(Medan)

 

Belum ada Komentar untuk "Dapat Dukungan Universitas, Sudah Ada 1.058 Mahasiswa USU yang Berwirausaha "

Posting Komentar

CIMB Niaga-Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia Permudah Donasi melalui OCTO Mobile

Lensamedan - PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) menjalin kerja sama dengan Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia untuk penerimaan pembayaran don...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel