Tim LPPM USU Revitalisasi Mobil Poli Gigi

Lensamedan- Pandemi Covid-19 yang mewabah Indonesia sejak Maret dan belum diketahui kapan berakhirnya mengakibatkan banyak masyarakat desa yang enggan memeriksakan kesehatan gigi ke fasilitas kesehatan seperti Puskemas.


Dokter gigi sebagai tenaga medis yang juga merupakan resiko terpapar covid 19 diharapkan sangat berhati-hati dalam penyelenggaraan tindakan medis.

Kondisi inilah  yang mendorong Tim Pengabdian kepada Masyarakat Dosen USU Fakultas Kedokteran Gigi USU dibawah Lembaga Pengabdian Pada Masyarakat  Universitas Sumatera Utara (LPPM-USU) membantu melengkapi fasilitas kesehatan yang dapat melindungi tenaga kesehatan seperti dokter gigi yang bertugas di Puskesmas maupun masyarakat.

Ketua Tim Pengabdian kepada Masyarakat Dosen USU Fakultas Kedokteran Gigi USU drg. Wandania Farahanny, M.DSc, Sp. KG (K) mengatakan, usaha yang mereka lakukan adalah dengan melakukan revitalisasi mobil Poli Gigi Keliling yang dimiliki Dinas Kesehatan Kabupaten Langkat agar dapat digunakan pada masa pandemi Covid -19.

"Selain tindakan Revitalisasi mobil Poli gigi keliling, Tim juga membantu menyediakan Alat Pelindung Diri (APD) level 3 untuk digunakan tenaga kesehatan yang akan bertugas di mobil Poli Gigi Keliling sesuai standart ," ujar Drg Wandania di Medan, Rabu (16/9/2020).

Selain menyediakan APD, tim pengabdian yang beranggotakan Ika Andryas, drg.,MSc, Rini Octavia Nasution, drg.,M.Kes.,Sp.Perio (K),Dr Olivia Avriyanti Hanafiah, drg.,Sp.BM (K) juga menyiapkan video tutorial SOP penggunaan Mobil Poli Gigi seperti Alur penerimaan pasien di masa pandemi, Cara penggunaan dan pelepasan APD yang tepat, Cara mensterilkan alat dan Dental Chair setelah menangani pasien di Masa Pandemi. sehingga dapat mengurangi risiko penularan penyakit pada tim Medis yang bertugas.

"Adanya mobil poli gigi keliling  ini diharapkan dapat membantu memberikan pelayanan kesehatan gigi pada pasien apabila fasilitas puskesmas tidak memadai terutama pada daerah yang terpencil," kata drg Wandania.
Wanda bercerita, ide merevitalisasi mobil Poli Gigi berawal dari pengabdian sebelumnya yang menemukan masih terlihat masalah gigi berlubang (karies gigi)  yang masih tinggi di daerah Kecamatan Binjai, Kabupaten Langkat di 2019 lalu. Selain itu, juga  dijumpai ada beberapa desa yang hanya memiliki puskesmas pembantu (PUSTU) yang tidak memiliki fasilitasis pelayanan kesehatan gigi.

"Makanya Tim Pengabdian Masyarakat  dari  Fakultas Kedokteran Gigi USU dibawah Lembaga Pengabdian Pada Masyarakat  Universitas Sumatera Utara (LPPM-USU) berupaya kembali untuk membantu menurunkan masalah gigi berlubang dengan cara merevitalisasi kembali fasilitas mobil pelayanan gigi dan mulut atau poli gigi keliling untuk dapat digunakan oleh dokter gigi puskesmas memberikan pelayanan ," jelas Wanda.

Wanda menambahkan, telah membentuk forum diskusi dengan kader kader kesehatan Desa dan Puskesmas Sambirejo dibawah kepemimpinan Kepala Puskesmas  Aslidar, S.Kep.,Ners., M. Kep.

Dalam forum tersebut kader kesehatan diberikan edukasi mengenai kesehatan gigi dan mulut dengan metode video interaktif.
"Diharapkan, nantinya para kader kesehatan ini nantinya dapat menjadi motivator dalam dalam membantu program kesehatan gigi seterusnya," pungkasnya.



(Medan)

Belum ada Komentar untuk "Tim LPPM USU Revitalisasi Mobil Poli Gigi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel