Hari Ini, Gunung Sinabung Kembali Erupsi Hingga Tiga Kali


Lensamedan-Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara (Sumut) kembali erupsi, Kamis (13/8/2020). Berdasarkan data dari Badan Geologi dan PVMBG mencatat gunung api tersebut, menyeburkan abu vulkanik mencapai 2.000 meter dari atas puncak.

Kepala Pos Pengamatan Gunung Api Sinabung Badan Geologi dan PVMBG, Armen Putra mengatakan bahwa Gunung Sinabung erupsi pertama terjadi pada Pukul 06.07 Wib dengan tinggi kolom abu vulkanik mencapai 1.000 meter.

"Kemudian, erupsi yang kedua terjadi pukul 08.02 Wib, dengan tinggi kolom abu teramati sekitar 1.000 meter dan erupsi ketiga terjadi pukul 08.31 Wib dengan tinggi kolom abu vulkanik teramati sekitar 2.000 meter," kata Armen, Kamis (13/8) siang.

Saat ini status Gunung Sinabung level III atau Siaga. Armen menghimbau kepada masyarakat dan pengunjung atau wisatawan untuk tidak melakukan aktivitas pada desa-desa yang sudah direlokasi.

"Selain itu, untuk tidak berada dilokasi dalam radius radial 3 km dari puncak Gunung Sinabung, serta radius sektoral 5 km untuk sektor selatan-timur dan 4 kilometer untuk sektor timur-utara," jelas Armen.

Armen mengungkapkan bahwa jika terjadi hujan abu, dihimbau juga kepada masyarakat untuk memakai masker bila beraktivitas diluar rumah guna mengurangi dampak kesehatan dari abu vulkanik. Selain itu, masyarakat diharapkan untuk mengamankan sarana air bersih serta membersihkan atap rumah dari abu vulkanik yang tebal agar tidak roboh.

"Masyarakat yang tinggal dan berada di dekat sungai yang berhulu di Gunung Sinabung untuk tetap waspada terhadap bahaya lahar," ungkap Armen.

(Karo)

Belum ada Komentar untuk "Hari Ini, Gunung Sinabung Kembali Erupsi Hingga Tiga Kali "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel