USU Gelar Rapid Test Gratis, Jika Reaktif akan Dilakukan Swab

Lensamedan- Universitas Sumatera Utara (USU)  memberikan kesempatan bagi warga Kota Medan untuk melakukan rapid test secara gratis di halaman Rumah Sakit (RS) USU.


Sejak Senin kemarin, USU memberikan kesempatan masyarakat kota Medan untuk melakukan rapid test secara gratis. Kegiatan yang dilakukan di halaman parkir Rumah Sakit (RS) USU berlangsung hingga Jumat (12/6/2020) mendatang.

Rektor USU Profesor Runtung Sitepu mengatakan, ada 10 ribu unit kit yang dipersiapkan untuk kegiatan ini yang seluruhnya merupakan bantuan dari pihak ketiga yang diterima secara bertahap.

"Dan ini rencananya tidak hanya akan kita fokuskan di USU saja, tetapi akan kita bagikan ke kabupaten/kota di Sumut," ujar Runtung Sitepu seusai melakukan rapid test, Selasa (9/6/2020).

Runtung mengatakan, jika hasil rapid test warga dinyatakan reaktif, maka warga tersebut akan mendapatkan sms pemberitahuan yang kemudian diikuti dengan tindakan swab test gratis.

"Tetapi kalau secara terpisah, kita belum bisa melakukan swab test massal secara gratis karena keterbatasan regensia yang kita punya," kata Runtung didampingi Direktur Utama (Dirut) RS USU Dr.dr Syah Misya Warli dan juga Ketua Majelis Wali Amanat (MWA) USU Panusunan Pasaribu.

Ditemui di tempat yang sama, Dirut RS USU Syah Misya Warli mengatakan, dalam sehari pihaknya mentargetkan bisa menerima 100 warga yang ingin melakukan rapid test.

"Dan jika ketersediaan kit untuk rapid test yang kita miliki masih cukup, maka kita akan turun ke Puskesmas untuk lakukan rapid test," kata Syah Misya.

Dari pantauan di lokasi, proses rapid test dilakukan dua cara, yakni drive thru bagi masyarakat yang datang dengan mengendarai mobil dan secara walk in bagi yang datang tanpa mengendarai mobil. Hasilnya nanti akan dikirim melalui pesan singkat bagi yang reaktif.


(Medan)




Belum ada Komentar untuk "USU Gelar Rapid Test Gratis, Jika Reaktif akan Dilakukan Swab "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel