Reagensia Tiba, RS USU Sudah Bisa Lakukan Tes Swab Covid-19


Lensamedan- Rumah Sakit Universitas Sumatera Utara (USU) akhirnya menerima reagensia yang menjadi bahan utama melakukan swab pasien PDP Covid-19 dgn menggunakan PCR.

Rektor USU Profesor Runtung Sitepu mengatakan, yang pertama, reagensia yang tiba merupakan bantuan dari Litbangkes bisa digunakan untuk 300 pasien. Sementara yang kedua merupakan milik RS yang dibeli sendiri.

"Yang dipesan untuk 1000 pasien, tetapi yang baru tiba untuk 33 pasien," ujar Prof Runtung Sitepu dalam keterangan tertulis, Kamis (16/4/2020).

Dikatakannya, begitu tiba Rabu (15/4/2020) sore, tim yang sudah disiapkan langsung melakukan uji coba oleh swab dengan menggunakan 2(dua) unit PCR milik Rumah Sakit USU dan hasilnya baik.

"Pagi tadi, 2 unit alat PCR tersebut sudah siap (running) digunakan untuk memeriksa PDP Covid-19 dengan cara swab," katanya.

Ditambahkannya, USU sejak awal sudah memiliki 3 (tiga) Unit PCR yang tersebar di RS USU, Fakultas Kedokteran USU dan di Laboratorium Terpadu USU. Tapi khusus untuk melakukan swab terhadap pasien, alat PCR tersebut membutuhkan bahan yang namanya Reagensia. 

"Sebulan yang lalu RS USU telah berusaha membelinya,tetapi barangnya tidak ada dan baru tiba kemarin sore. Itupun dari 1000 yg dipesan baru diterima 33. Untunglah ada bantuan dari Litbangkes 300," tambahnya.


Dengan cukup banyaknya ahli-ahli di USU, maka pihak universitas sudah membentuk tim sejak sebulan yang lalu. 


(Medan)


Belum ada Komentar untuk "Reagensia Tiba, RS USU Sudah Bisa Lakukan Tes Swab Covid-19"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel