Warga Beras Basah Langkat Rindu Air Bersih Layak Minum


Lensamedan - Berada dikawasan tepian negeri yang berdekatan dengan bibir pantai, ternyata bukan menjadi sebuah jaminan akan kebutuhan air bersih terpenuhi. Berbagai macam kisah, dari air yang tercemar, air yang sedikit didapat, air yang jauh jangkauannya, hingga air yang berubah rasa, menjadi problema masyarakat pesisir pada umumnya.

Demikian pula halnya yang dirasakan warga yang berdiam diri di Kelurahan Beras Basah, kecamatan Pangkalan Susu, Kabupaten Langkat, Provinsi Sumatera Utara (Sumut). Dengan jumlah warga 2320 KK, merupakan tantangan terbesar bagi Zulkarnain selaku Lurah untuk memenuhi kebutuhan air bersih.

“Beberapa tahun yang lalu kita pernah ajukan bantuan sumur bor untuk masyarakat Beras Basah kepada pihak PLTU yang ada di Pangkalansusu ini. Namun dari 2 yang kita ajukan, baru 1 titik lokasi yang direalisasikan, hingga saat ini. Satu titik yang belum terealisai berada di Lingkungan VII. Yang mana warga di lingkungan ini masih menggunakan jasa penjual air bersih per jerigen untuk kebutuhan konsumsi air minum dan memasak,” ujar Zulkarnain yang pernah mendapat penghargaan Bintang Jasa Karya Setya oleh Presiden RI Ir. Joko Widodo, Rabu (18/8/2021).

Atas dasar laporan dari Relawan Masrakat Relawan Indonesia dan Komunitas yang ada di Kabupaten Langkat, tim Aksi Cepat Tanggap Kota Medan pun melakukan assessment ke Beras Basah.

Di Lingkungan VII, tim ACT dan Lurah bertemu dengan sesepuh dan juga mantan kepala Lingkungan di Beras Basah, Hasan. Beliau pulalah yang kemarin mengajukan titik lokasi rencana pembangunan sumur air bersih bantuan PLTU beberapa tahun yang lalu.

Agar segera terealisasi nya pembangunan sumur air bersih di lingkungannya, Hasan pun bersedia dan mengikhlaskan agar lahan yang dimilikinya yang berada di sisi kanan rumahnya diwakafkan demi kemaslahatan masyarakat disekitarnya.

“semoga apa yang menjadi impian warga Lingkungan VII Kelurahan Beras Basah, Pangkalansusu mendapatkan sumur air bersih yang layak minum dapat terwujud,” kata Hasan.

Ilham selaku tim Proogram ACT Medan mengatakan, ACT akan berupaya menggerakkan hati para dermawan Indonesia melalui program kampanye di media sosial dan beberapa penggalangan dana yang menjadi pihak ketiga dalam kegiatan ini.

“Semoga gerakan ini mampu mengajak para dermawan berdonasi untuk mewujudkan berdirinya sumur air bersih untuk masyarakat Beras Basah,” pungkas Ilham. (*)

 

(Langkat)

Belum ada Komentar untuk "Warga Beras Basah Langkat Rindu Air Bersih Layak Minum"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel