Dalam Dua Hari , Api Menjalar Hanguskan 100 Hektar Lahan di Samosir


Lensamedan - Kebakaran hutan dan lahan milik warga masih berlangsung di kawasan Danau Toba. Sejak kemarin, proses pemadaman kebakaran hutan dan lahan di Desa Hariara Pohan, Kecamatan Harian, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara (Sumut) masih terus berlangsung.

Kepala Daops Manggala Agni Daops Sumatera II Pematang Siantar Anggiat SP Sinaga mengungkapkan, angin yang berhembus kencang menjadi salah satu faktor penyebab api terus menjalar.

"Areal yang terbakar semakin meluas, api bahkan sudah menjalar ke Desa Janji Martahan di kecamatan yang sama. Dari laporan terakhir yang diterima hari ini, luasan kebakaran sudah mencapai 100 hektar," kata Anggiat SP Sinaga saat dikonfirmasi, Kamis (5/8/2021).

Dijelaskannya, saat musim kemarau seperti sekarang ini, pada waktu sore dan malam, angin berhembus kencang.

“Sementara topogarafi areal yang berbukit, ini membuat petugas harus bekerja ekstra keras melakukan proses pemadaman," ujarnya.

Proses pemadaman lanjutnya, sudah dilakukan sejak Rabu (4 /8/2021) pagi. Banyak tantangan yang mereka hadapi dalam proses pemadaman.

"Kita juga harus mengutamakan keselamatan petugas di lapangan," imbuhnya.

Mereka pun harus melihat areal yang akan dipadamkan. Untuk menghindari peristiwa yang tak diinginkan.

"Yang areal nya bisa dilalui bisa di padamkan. Tapi kalau yang di atas  bukit jika tak terjangkau kita observasi dan mengamati ke mana arah api menjalar," sebut Anggiat.

Dalam proses pemadaman, pertugas Manggala Agni juga dibantu personel Polisi, Koramil, KPH Unit XIX dan Masyarakat Kecamatan Harian.

"Kita imbau kepada masyarakat supaya jangan membakar sembarangan saat berada di kebun. Jika membakar sampah juga harus dijaga, jangan ditinggalkan begitu saja," tutupnya. (*)

 

(Samosir)

Belum ada Komentar untuk "Dalam Dua Hari , Api Menjalar Hanguskan 100 Hektar Lahan di Samosir "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel