Artajaya Dorong Masyarakat Desa Huta Ginjang Bentuk Bank Sampah


Lensamedan - Artajaya dan Tapanuli Sarop Foundation melakukan pelatihan tekhnis operasional bank sampah di Desa Huta Ginjang Kecamatan Angkola Timur, Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), Kamis (8/72021) yang diikuti 20 orang yang merupakan utusan masyarakat.

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari sosialisasi pengelolaan sampah rumah tangga yang dilaksanakan Dinas Lingkungan Hidup (DLH)  Kabupaten Tapsel sehari sebelumnya.

Masyarakat sangat antusias dengan langsing membentuk kelompok bank sampah yang diberi nama Bank Sampah Sumber Rejeki yang akan langsung beroperasi perdana pada Selasa (13/7/2021) mendatang.

Direktur Artajaya, Armawati Chaniago selaku narasumber pada pelatihan menyampaikan, bank sampah merupakan solusi dari pengelolaan sampah anorganik rumah tangga hingga dapat didaur ulang dan memberi peluang tambahan pendapatan bagi masyarakat.

“Karena selama ini,  sampah rumah tangga terutama sampah plastik mencemari lingkungan,” ujar Armawati dalam keterangan tertulis, Jumat (9/7/2021)..

Sementara Sartika Permata mewakili Tapanuli Sarop Foundation yang akan bertindak selaku pendamping Bank Sampah Sumber Rejeki menjelaskan, nantinya hasil pengumpulan sampah masyarakat akan menjadi tabungan yang dapat dimanfaatkan dengan berbagai inovasi.

“Misalnya  sampah ditukar sembako, atau sampah ditukar emas dan lainnya,” kata Sartika.

Pada kesempatan itu, Kepala Desa Huta Ginjang, Iman Siregar mengapresiasi kegiatan ini dan sangat mendukung, karena Huta Ginjang merupakan desa binaan dan sedang berkembang menjadi desa ekowisata.

Kegiatan lanjutan yang akan dilakukan berupa pembuatan pakan ternak dan kompos dari sampah organik dan limbah pertanian yang dapat dimanfaatkan secara langsung oleh masyarakat.

Inisiatif Desa Huta Ginjang diharapkan dapat menular ke desa-desa lainnya di Tapanuli Selatan. (*)

 

 

(Tapsel)

1 Komentar untuk "Artajaya Dorong Masyarakat Desa Huta Ginjang Bentuk Bank Sampah "

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel