Nawal Lantik PD GPMB Kabupaten Batubara

Lensamedan- Ketua Pengurus Daerah (PD) Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GPMB) Sumatera Utara (Sumut) Nawal Lubis melantik PD GPMB Batubara di Aula Rumah Dinas Bupati Batubara, Komplek Perumahan Tanjung Gading, Sei Suka, Batubara, Rabu (5/5/2021). Ini merupakan PD GPMB tingkat kabupaten pertama di Sumut.

Dengan dibentuknya GPMB Batubara, diharapkan dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM)  di daerah tersebut.

"Peningkatan kualitas SDM adalah fokus kita saat ini, salah satu caranya adalah menjadikan minat baca sebagai suatu kebutuhan masyarakat," kata Nawal.

Dengan membaca buku, seseorang bisa menjelajahi dunia yang tidak terbatas. Karena, membaca merupakan jendela dunia. Membaca juga dapat meningkatkan intelektualitas dan menjadikan pribadi yang matang.

Nawal juga mengajak seluruh pihak untuk berperan dalam gerakan meningkatkan minat baca masyarakat. Mulai dari masyarakat hingga pemerintah, harus saling bahu membahu meningkatkan minat baca.

"Saya mengajak mari bersama-sama membangun minat baca di tengah masyarakat di Kabupaten Batubara, sehingga budaya membaca benar-benar menjadi pondasi pembangunan SDM," ujar Nawal.

Nawal mengatakan, GPMB Batubara adalah PD kabupaten pertama yang dibentuk di Sumut. Diharapkan dapat menjadi penggerak untuk kabupaten/kota lain membentuk GPMB. "Saya harap ke depan lahir GPMB kabupaten/kota lain di Sumut," kata Nawal.

Pada kesempatan tersebut, Nawal juga menyerahkan hibah buku dari GPMB Sumut kepada Taman Baca Masyarakat Bina Keluarga Mandiri, Desa Pematang Kuing, Kecamatan Sei Suka dan Perpustakaan Desa Pelanggiran, Kecamatan Laut Tador.

Bupati Batubara Zahir mengharapkan GPMB dapat meningkatkan literasi di daerahnya. Menurutnya GPMB akan membantu pemerintah dalam hal meningkatkan kualitas SDM.

Dalam kegiatan itu, juga dilakukan penyerahan sepeda motor perpustakan keliling kepada pegiat literasi di Batubara. Zahir mengatakan pemberian sepeda motor tersebut untuk meningkatkan minat baca masyarakat hingga ke pelosok Batubara.

Adapun pengurus daerah GPMB Sumut 2021 -2025 yang dilantik di antaranya Ketua Maya Indriasari, Sekretaris Dewi Chailaty dan Bendahara Nadhratun. (*)


(Batubara)
 

Belum ada Komentar untuk "Nawal Lantik PD GPMB Kabupaten Batubara"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel