Diguyur Hujan Terus-menerus, Parapat Alami Banjir

Lensamedan- Hujan deras yang hampir setiap hari mengguyur kawasan Parapat dan sekitarnya sejak seminggu terakhir mengakibatkan terjadinya bencana banjir di kawasan perumahan yang berada di jalur lintas Medan-Parapat, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon Kabupaten Simalungun, Kamis (13/5/2021) sore.

Salah seorang warga Parapat Iyun Ambarita mengatakan, kondisi banjir bercampur lumpur bukan kali ini saja terjadi.

“Kalau tidak salah, ini yang ketiga,” ujar Iyun ketika dihubungi lewat pesan singkat.

Ditambahkannya, luapan air bercampur lumpur yang berasal dari gunung meluap ke jalan karena Sungai Batu Gaga  tak mampu lagi menampung debit air.

“Jadi yang terdampak banjir itu mulai dari SPBU Purba sampai ke Kantor Polsek Parapat,” tambahnya.

Selain mengakibatkan banjir, hujan deras secara terus menerus juga mengakibatkan terjadinya tanah longsor, di dusun Soalan Desa Sibaganding.

Kasat Lantas Polres Simalungun AKP Hendrik Fernandes Aritonang mengatakan, longsor yang membawa material longsor berupa tanah dan batu mengakibatkan jalur  lalu lintas utama dari dan menuju Parapat terputus sehingga harus dialihkan. Untuk jalur dari Siantar menuju Parapat dialihkan dari Simpang Palang.

“Sementara dari Parapat menuju Siantar tetap bisa melalui jalur utama dengan menggunakan sistem buka tutup karena kami masih melakukan pembersihan jalur,” ujar Hendrik dalam rekaman video yang beredar di sosial media.

Saat ini, hujan deras kembali mengguyur kawasan Parapat dan sekitarnya. (*)

 

(Parapat)

 


Belum ada Komentar untuk "Diguyur Hujan Terus-menerus, Parapat Alami Banjir "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel