Pasca Erupsi Gunung Sinabung, 15 Desa di Kecamatan Tiganderket Diselimuti Abu Vulkanik

Lensamedan-Pasca erupsi Gunung Sinabung, Selasa (2/3) pagi, dari 17 Desa yang ada di Kecamatan Tiganderket, 15 Desa diantaranya diselimuti abu vulkanik. Berdasarkan data yang diperoleh bahwa erupsi terakhir Gunung Sinabung pagi tadi sejauh 5.000 meter.

"Ada 17 Desa di Kecamatan Tiganderket, 15 diantaranya terpapar abu vulkanik," kata Camat Tiganderket, Sukur Sembiring, Selasa (2/3/2021).

Sukur mengatakan bahwa arah angin dari selatan membawa abu vulkanik tersebut dan menghujani rumah serta tanaman warga di Kecamatan Tiganderket.

"Kondisi saat ini atap rumah warga serta jalan udah putih merata tertutup abu vulkanik," jelas Sukur.

Sementara, pihak kecamatan sudah berkoordinasi dengan Muspida untuk melakukan penyiraman yang terdampak abu vulkanik.

"Pihak Damkar akan melakukan penyemprotan di 15 desa yang terpapar abu vulkanik, dan untuk pembagian masker juga akan dilakukan oleh pihak BPBD," sebut Sukur. 

Dikethaui sebelumnya, bahwa pada Selasa pagi, pukul 06.42 Wib, Sinabung erupsi sejauh 2.000 meter, dan mengarah ke arah timur dan tenggara. Kemudian, pada pukul 07.15 Wib, Gunung Sinabung kembali meluncurkan kolom abu setinggi 5.000 meter.

Saat ini Gunung Sinabung berada pada status Level III (Siaga). Diharap kepada warga maupun petani untuk tidak melakukan aktivitas di desa-desa yang sudah direlokasi, serta di lokasi di dalam radius 3 km dari puncak gunung. Selanjutnya radius sektoral 5 km untuk sektor selatan-timur, dan 4 km untuk sektor timur-utara.

Jika terjadi hujan abu vulkanik, dihimbau kepada masyarakat untuk tetap memakai masker bila ke luar rumah guna mengurangi dampak kesehatan dari abu vulkanik. Masyarakat juga diminta untuk mengamankan sarana air bersih dan membersihkan atap rumah dari abu vulkanik tebal agar tidak roboh. Selain itu, masyarakat yang tinggal atau bermukim didekat sungai yang berhulu di Gunung Sinabung diminta untuk tetap waspada akan bahaya lahar.

(Karo)

Belum ada Komentar untuk "Pasca Erupsi Gunung Sinabung, 15 Desa di Kecamatan Tiganderket Diselimuti Abu Vulkanik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel