5 Ekor Lembu Kembali Dimangsa Harimau Sumatera

Lensamedan- Warga Desa Lau Damak Kecamatan Bahorok Kabupaten Langkat, Sumatera Utara (Sumut) kembali harus kehilangan hewan ternak peliharaannya, setelah pada Minggu (10/1/2021) malam,  5ekor lembu milik warga kembali diserang Harimau Sumatera hingga mati.

"Lima ekor lembu itu ditemukan warga mati tadi pagi ," ujar Kepala Seksi Pengelolaan Taman Nasional Wilayah V Bahorok Balai Besar Taman Nasional Gunung Leuser (BBTNGL) Palber Turnip ketika dihubungi, Senin (11/1/2021).

Sejauh ini kata Palber, pihaknya bersama mitra terkait seperti Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Sumut, dan WCS serta Yayasan Hutan Untuk Anak (YHUA) sudah melakukan berbagai cara untuk menangkap HS, salah satunya dengan memasang kandang perangkap. 

"Tetapi ternyata HS malah bergerak menjauh dari kandang perangkap dan memangsa lembu lain. Jaraknya sekitar 3 kilometer," kata Palber.

"Jadi kita akan lakukan upaya menggiring HS dengan membakar bangkai lembu kemudian membakar mercon, jadi dia bergerak ke TKP awal tempat kita memasang kandang perangkap," katanya lagi.

Warga desa menurut Palber sebenarnya sudah berulang kali diimbau untuk membawa lembu-lembu miliknya ke areal perkampungan bahkan dikandangkan, tetapi masih banyak warga yang enggan melaksanakannya.

"Mungkin mereka terlalu lelah untuk mencari rumput sebagai pakan ternak. Sementara kalau ditambatkan,  lembunya kan bisa merumput sendiri," ucapnya.

Untuk itu lanjutnya, pihaknya bersama camat setempat akan terus mengimbau warga agar tidak membiarkan lembunya terikat tanpa penjagaan.

"Masih ada ratusan lembu yang dibiarkan pemiliknya tertambat," tambahnya.

Dihubungi terpisah, Kepala Bagian Tata Usaha BBKSDA Teguh Setiawan menyebutkan, pemasangan kandang perangkap sudah mereka lakukan sejak Jumat (8/1/2021).

"Sejauh ini kita belum ada rencana menambah kandang," ujar Teguh Setiawan lewat pesan singkat.

Dari catatan yang diberikan BBKSDA Sumut, sejak awal Januari 2021, sudah terjadi 3 kali konflik antara warga Desa Lau Damak dengan Harimau Sumatera. Konflik pertama terjadi pada 6 Januari yang mengakibatkan 2 ekor lembu mati. Berselang dua hari, tepatnya 8 Januari, 1 ekor lembu kembali mati akibat diterkam harimau dibagian leher. Terbaru, pada Minggu 10 Januari, sebanyak 5 ekor lembu ditemukan mati. 


(Langkat)
 

Belum ada Komentar untuk "5 Ekor Lembu Kembali Dimangsa Harimau Sumatera "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel