ACT Sumut Salurkan 80 Paket Sembako Bantuan Bank Indonesia untuk Warga Karo

Lensamedan- Aksi Cepat Tanggap (ACT) Sumatera Utara (Sumut) terus bergerilya menyambangi warga Sumut yang membutuhkan bantuan. Apalagi, ACT Sumut mendapat amanah untuk menyalurkan paket sembako dari Bank Indonesia (BI) Perwakilan Sumut. Minggu (13/12/2020) giliran  warga yang berada di zona merah kaki gunung Sinabung yang disambangi relawan. Gunung Sinabung adalah gunung api tertinggi ke 2 di Sumatera Utara, yang memiliki ketinggian 2.451 meter terletak diwilayah Kabupaten Karo, yang hingga saat ini masih terus erupsi.

Staf Program ACT Sumut, Muhammad Ihsan menjelaskan, satu persatu relawan yang tergabung dalam MRI Karo menyisiri pemukiman warga berada di radius 3 km dari puncak vulkanik bersama komunitas yang menyebut diri mereka Indonesia Millenial Connect Regional Medan atau biasa disebut IMConnect.

“Kami bawa 80 paket sembako dengan sasaran target penerima manfaat kali ini adalah para lansia penyintas Erupsi Gunung Sinabung,” ujar Ihsan dalam keterangan tertulis, Senin (14/12/2020).

Dalam pantauan ACT, kondisi di lapangan, masih banyak warga yang bertahan didalam rumah mereka. Bahkan hingga di zona terdekat seperti di desa Desa Berastepu, Gurukinayan, Desa Payung, Sigarang-Garang, dan desa Simpang Empat. Memang ada warga penyintas Gunung Sinabung yang meninggalkan Desa, dan mengungsi ke Desa lain. Namun tidak sedikit pula yang tetap bertahan sebab ingin menjaga lahan mereka yang tinggal satu-satunya.

Salah seorang warga, Makmur Ginting mengatakan, selama masa erupsi beberapa bulan yang lalu, kehidupan mereka semakin terasa sulit. Pasca Erupsi banyak tanaman warga yang luluh lantak, tidak dapat dipanen, mau kerja yang lain sekarang ini sulit apalagi selama pandemi Corona ini.

“Kami seperti sudah terjatuh, lalu tertimpa tangga pula,” ujar Makmur kepada relawan ACT Sumut.

Dengan kesadaran itu lah ACT Sumut bersama relawan MRI Karo dan komunitas IMConnect mengantarkan bantuan Paket Bank Indonesia, lewat program Dedikasi Untuk Negeri nya.  (Ril)


(Karo)

 

Belum ada Komentar untuk "ACT Sumut Salurkan 80 Paket Sembako Bantuan Bank Indonesia untuk Warga Karo"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel