Panwascam Kualuh Selatan Sukses Gelar Sosialisasi Pengawasan Pilkada Tahun 2020

FOTO : Panita Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam), Kecamatan Kualuh Selatan Kabupaten Labuhanbatu Utara menggelar Sosialisasi.

Lensamedan -

Panita Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam), Kecamatan Kualuh Selatan Kabupaten Labuhanbatu Utara menggelar Sosialisasi Pengawasan Pada Pemilihan Kepala Daerah Bupati dan Wakil Bupati Tahun 2020 dalam masa pandemi Covid-19, di DKI Kopi Damuli Kecamatan Kualuh Selatan Kabupaten Labuhanbatu Utara Senin, (13/10/2020).
Dalam sosialisasi pengawasan pilkada tersebut dihadiri Kepala Desa se Kecamatan Kualuh Selatan dan Ketua  BPD se Kecamatan Kualuh Selatan.
 
Ketua Panitia Pengawas Kecamatan  (Panwascam), Kecamatan Kualuh Selatan  Surya Budi Spd, didampingi komisioner kecamatan, M. Sabidin, kordiv PHL (Pencegahan Hubungan dan Antar Lembaga), dan Hamdan Ancari Munthe SH. Kordiv HPPS (Hukum Penanganan Pelanggaran dan Sengketa) menyampaikan "Acara sosialisasi ini dilaksanakan pertama kali dalam masa pandemi, dalam hal ini panwascam mengajak seluruh elemen masyarakat agar turut berperan aktif dalam pengawasan dan terkhusus buat Kepala Desa se Kecamatan Kualuh Selatan dan perangkat desa agar senantiasa bisa menjaga netralitas aparatur sipil dalam perhelatan pilkada yang akan dilaksanakan nantinya pada 9 Desember 2020," ujarnya.
 
Surya Budi juga menyampaikan kepada Kepala Desa ,"Jika memang ada menemukan pelanggaran dalam pilkada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati segera laporkan ke (Panwascam), kita siap menerima laporan 1x24 jam karena itu sudah bagian tugas kita sebgai pengawas, agar bisa cepat kita proses sesuai dengan aturan dan peraturan,"Jelasnya.
 
Komisioner Bawaslu (Labura) Divisi Hukum Penanganan Pelanggaran dan Sengketa Muslih Sulaiman, SHI, menyampaikan Pada masa Pilkada 9 desember 2020 mendatang kita perlu menyampaikan dan melaksanakan sosialisasi pengawasan pilkada pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Labuhanbatu Utara tahun 2020, serta mengajak seluruh elemen masyarakat, Kepala Desa, Perangkat Desa dan Stakeholder diharapkan harus berperan aktif dalam pengawasan dan penyelenggaraan pemilihan bupati dan wakil bupati Kabupaten Labuhanbatu Utara (labura) tahun 2020,"ujarnya.
 
"Saya mengharapkan kepada Kepala Desa dan Perangkat Desa agar selalu menjaga netralitas dan integritas sebagai Aparatur sipil  dalam pilkada Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Labuhanbatu Utara pada tanggal 9 Desember 2020 mendatang, selain bertugas menyusun standar tata laksana pengawasan Penyelenggaraan pemilu untuk pengawas pemilu di setiap tingkatan. 
 
Bawaslu Kabupaten juga melakukan pencegahan dan penindakan terhadap, pelanggaran pemilu, dan sengketa proses pemilu serta mengawasi persiapan Penyelenggaraan Pemilu, dalam hal itu kita senantiasa melakukan pencegahan agar setiap pelanggaran pemilu tidak terjadi,"sambungnya.
 
Muslih sulaiman juga menambahkan kami (bawaslu) tidak akan mampu melakukan pengawasan tanpa bantuan seluruh elemen masyarakat termasuk Bapak Kepala Desa dan kita (Bawaslu) bukanlah harimau yang siap menerkam, akan tetapi (Bawaslu) senantiasa selalu mengutamakan pencegahan, mengatasi masalah tanpa masalah dan seperti kata pepatah seperti menarik benang di dalam tepung,"pungkasnya.
 
Sosialisasi pengawasan pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati tahun 2020, ditutup dengan pembacaan pakta integritas oleh Kepala Desa se Kecamatan Kualuh Selatan dan Ketua  BPD se Kecamatan Kualuh Selatan.
 
Tampak dalam acara tersebut Bendahara (Panwascam) Agus Susanto S.AGR, Kepala Sekretariat, Rahmat Haidir S.Si dan seluruh staf panitia pengawas pemilu kecamatan Kualuh Selatan.
 
Reporter : SS/OT
Editor : Diko

Belum ada Komentar untuk "Panwascam Kualuh Selatan Sukses Gelar Sosialisasi Pengawasan Pilkada Tahun 2020"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel